Yudisium Mahasiswa Angkatan 2018 Diploma III Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Tahun Akademik 2020-2021

Diposting pada

Serang, Rabu (13/10/20201) – Sebanyak 105 (seratus lima) mahasiswa Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dinyatakan lulus pada semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Hal ini dinyatakan dalam Yudisium dan pelepasan lulusan tahun 2021 dengan berdasarkan pertimbangangan telah menyelesaikan pembelajaran terdiri dari 115 SKS, dinyatakan  lulus dengan kompeten pada sidang KPI sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang diputuskan pada hari Jum’at 1 Oktober 2021 ditandatangani oleh Dekan Fakultas Kedokteran Untirta. Acara tersebut diselenggarakan 2 sesi pagi dan siang dihari yang sama secara offline (tatap muka) dengan menerapkan Prokes yang sangat ketat dan selamat kepada mahasiswa yang bernama Fransisca Ameliyanti yang berhasil meraih IPK tertinggi 3,73 didaulat sebagai lulusan terbaik tahun Akademik 2020-2021 Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Kedokteran Untirta. Adapun Dekan Fakultas Kedokteran Untirta, Dr. dr. Siti Farida, M.Kes., Ph.D. didampingi oleh Wakil Dekan I, Dr. dr. Desdiani, M. K. K, Sp. P., Wakil Dekan 2, dr. Siti Darifah, M.K.K.,  dan Wakil Dekan 3, Dr. dr. Omat Rachmat, SP., OT (K) spine, Kaprodi, para Dosen prodi D3 Keperawatan FK Untirta, beserta sejumlah  mahasiswa lulusan dihadirkan di Aula lt. 2 gedung kampus D3 Keperawatan FK Untirta Kepandean – Kota Serang.

Kesan Sambutan perwakilan mahasiswa memaparkan :“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tenaga pendidik, khususnya Ibu/Bapak dosen D3 Keperawatan yang senantiasa mengajarkan kami dengan jujur dan penuh kesabaran, sehingga kami yang tadinya tidak tahu menjadi tahu dan tadinya tidak bisa menjadi bisa.” Ungkapnya.

Kendati mengakui pernah merasakan lelah menjalani rutinitas selama perkuliahan, ia menyadari bahwa seluruhnya dilakukan untuk mendidik dan melatih kedisiplinan diri untuk siap berjuang terjun kedunia nyata yang sesungguhnya. “Kami tak boleh menyerah karena kami tahu semua itu dilakukan untuk mendidik kami agar kami untuk terus maju , untuk melatih kedisiplinan kami karena nanti yang akan kami hadapi bukanlah benda, melainkan manusia dan jangan jadikan objek, akan tetapi jadikanlah subjek dalam dunia kesehatan .” Lanjutnya.

Kamipun merasa kawatir di masa Pandemi sekarang dialami dan rasakan belum maximal terutama dalam hal praktek, dan kamipun yakin bahwa Untirta untuk melaksanakan tujuan pencapaian pendidikan pada saat sekarang. Dalam hal pengakuan kompetensi kami kawatir ketika kami bekerja yang sesungguhnya nanti, kepada teman-teman seperjuangan dengan kondisi yang kita alami sekarang agar tetap tingkatkan kompetensi semangat belajar untuk mencapai kemudahan dan kelancaran menggapai cita-cita.”tuturnya.

Pesan:”Besar harapan kami kepada Untirta khususnya Prodi D3 Keperawatan FK. Untuk bisa lebih maju baik perawat dan tenaga kesehatan yang profesional. kami semua memohon doa restu diberikan kekuatan untuk mengemban amanah sebagai lulusan yang handal dan profesional menghadapi tantangan di dunia kerja. “harapnya.

Dr. dr. Siti Farida, M.Kes., Ph.D. berterimakasih dan mengapresiasi kepada Dosen, Tenaga Kependidikan dan mahasiswa yang lulus hari ini khususnya berterimakasih juga tolong sampaikan kepada kedua orang tua/wali mahasiswa yang telah mendukung dan mendampingi kalian dalam proses, perjuangan belajar sehingga sampai lulus kompeten di D3 Keperawatan, saya berharap lulusan D3 Keperawatan Fakultas Kedokteran Untirta tak hanya berkemampuan menjadi provider, tetapi juga menjadi leader yang mampu mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah yang dihadapi menjadi mahasiswa lulusan yang handal dan profesional. “Tentunya (kita berharap) siswa-siswa kita mampu melaksanakan dan mengamalkan kompetensi yang berkompeten dan berkualitas yang dimilikinya dengan seoptimal mungkin, baik kemampuan akademik maupun kemampuan non akademiknya, sehingga nanti diharapkan mahasiswa lulusan kita bisa menghadapi dunia kerja nyata bukan hanya sebagai provider, tetapi juga sebagai leader. Kalo ada masalah, mampu mengidentifikasi, mampu mencari penyebab, dan mampu  bersama stakeholder terkait mencari solusi.” Ujarnya.

Dr. dr. Siti Farida, M.Kes., Ph.D. turut berharap kepada lulusan D3 Keperawatan maupun prodi-prodi lain di Untirta memiliki kecerdasan intelektual (intelligence quotient), kecerdasan emosional (emotional quotient), dan kecerdasan spiritual (emotional and spiritual quotient) dengan Etitut yang baik dan seimbang, sehingga dapat berbaur dengan mudah di lingkungan masyarakat menjaga citra almamater Untirta dengan baik. “Mahasiswa kita harapkan dapat berpikir kritis menghadapi masyarakat dan dunia kerja. Kita tonjolkan bahwa lulusan D3 Keperawatan ataupun prodi-prodi lain di lingkungan FK Untirta itu lebih unggul, tentunya dengan soft skill sesuai dengan Etitut dan  nilai-nilai karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel). Jadi, bisa bergabung dengan masyarakat sehingga apapun yang mereka lakukan itu tujuannya untuk kebaikan masyarakat, terutama di bidang kesehatan dan jadikanlah ilmu yang telah dipelajari sebagai ladang amal atau Zariah yang insya-Alllah tidak akan terputus sehingga mendapatkan keberkahan dan balasan dari Allah SWT sebagai bekal di akhirat.” Terangnya. (tma)