Untirta Siap Sukseskan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021.

Diposting pada

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa telah melakukan sosialisasi kepada para ketua program studi/ketua jurusan/ ketua bidang di lingkungan Untirta untuk Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di ruang Convention Hall, Kampus baru Untirta di Sindangsari, pada Jum’at 23 April 2021 . Tujuan diadakan sosialisasi ini merupakan implementasi dari program merdeka belajar kampus merdeka di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia agar perguruan tinggi segera melakukan sosialisasi internal kepada fakultas/program studi, kepada para dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa calon peserta guna mempersiapkan keikutsertaan pada program PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2021.
Wakil Rektor Bidang Akademik Pengembangan Inovasi dan Hilirisasi Riset Untirta, Dr. H. Agus Sjafari, M. Si., selaku penanggung jawab program PMM menuturkan pertukaran mahasiswa antar perguruan tinggi di Indonesia ini dilakukan lintas pulau selama satu semester untuk memberikan pengalaman kebinekaan nusantara dan sistem alih kredit antar perguruan tinggi setara 20 sks serta mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa agar mampu berbaur dengan beragam latar belakang untuk meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme. Memberikan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain melalui sistem alih kredit untuk memperkuat dan memperluas kompetensi juga memberikan pengalaman kebinekaan melalui berbagai kegiatan dengan Modul Nusantara. Agus meminta para Ketua Prodi agar segera menyampaikan informasi ini di program studi dan jurusannya masing-masing baik kepada dosen maupun mahasiswa yang memenuhi syarat agar segera mendaftar.
Program pertukaran ini dilaksanakan pada semester ganjil dimulai dari bulan Agustus 2021 sampai dengan Januari 2022, secara tatap muka. Diharapkan para dosen pengampu mata kuliah dan dosen modul nusantara agar segera mendaftarkan diri . Selain dosen pembimbing dan bagian kemahasiswaan Untirta ditunjuk sebagai mentor mahasiswa PMM untuk mendampingi dan memperkenalkan kebhinekaan dan keberagaman yang ada di Banten. Karena selain kegiatan akademik melalui Pertukaran Mahasiswa antar Kampus dengan Sistim Alih Kredit Mata Kuliah juga mahasiswa diperkenalkan dengan kegiatan Sosial Kemasyarakatan melalui Modul Nusantara diantaranya : kebinekaan , inspirasi , refleksi , kontribusi sosial.
Untuk kegiatan sosial kemasyarakatan Dr.Yudi Juniardi selaku Ketua Pelaksana Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka mengatakan Untirta siap berkolaborasi dengan Seniman dan Budayawan serta para tokoh di Banten untuk memperkenalkan kepada mahasiswa luar pulau akan nilai-nilai budaya, kearifan lokal , kebinekaan dan inspirasi dari para tokoh yang ada di Banten. Dengan demikian mahasiswa dapat ilmu bermanfaat selain kegiatan akademik didapat, nilai sosial dan budaya juga mereka dapatkan setelah mengikuti pertukaran ini selama satu semester secara daring dan luring dengan skema komposisi yaitu 20 SKS seluruhnya ditempuh di PT penerima secara luring, atau 10 SKS mata kuliah ditempuh di PT penerima secara luring termasuk Modul Nusantara dan 10 SKS mata kuliah ditempuh di PT mitra/PT Pengirim secara daring. Bagi mahasiswa dan dosen yang berminat untuk Informasi pendaftaran dapat diakses di http://bit.ly/PertukaranMahasiswaMerdeka. (Vero)