Seamolec dan Untirta Rintis Kerjasama Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka

Diposting pada

Serang – Rabu /21/04/2021 Tim Seamolec Program Kampus Merdeka Belajar mengunjungi  Untirta dalam rangka merintis kerjasama diantaranya akan mengadakan Workshop Kampus Merdeka Belajar Bersertifikat. Pertemuan Seamolec dan Untirta di Ruang rapat besar lt.4 Rektorat Kampus E Untirta Sindangsari pada pukul jam 10:00 WIB. Kunjungan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, M.Si., Ketua LP3M, Wakil Direktur I Pascasrjana, Kepala Pusdainfo, Para Wakil Dekan I, Dosen dan JFT tertakit. Acara dilaksanakan sebagian daring dan luring (Hybrid).

Tim Seamolec utarakan tahapan pengembangan dan sasaran yang akan dirancang dan dibahas adalah tentang pembelajaran jarak jauh, pelatihan pengembangan konten, pembelajaran digital, review konten digital, finalisasi konten digital dan pengunggahan konten ke platform dengan sasarannya dosen, tim teknis multimedia dan tim teknis TIK yang terbagi dalam program seperti pada workshop, kerja mandiri dan pendampingan daring ataupun training. Dengan output seperti pembelajaran jarak jauh, kompetensi pengembangan pembelajaran digital dan perangkat pembelajaran bagi dosen dan tim TIK.

Selain Program Pengembangan (workshop), tim Seamolec mengusulkan program untuk DIKTI tentang Magang/Study Independent seperti Microlearning Contents Development, Learning Media XR (Extended Reality:AR,VR,MR) Development, 3D-Bbased Learning Media Development, Android Mobil Application Development, Lecturing Video Development, DevOps Engineer dan Study Independent lainnya. Contoh tujuan Study Independent seperti pada Microlearning Contents Development yaitu mampu mengembangkan desain pembelajaran “Microlearning”, mampu memanfaatkan berbagai flatform, baik berbasis multimedia maupun media sosial dan kemudian mampu mengembangkan berbagai konten pembelajaran berbasis multimedia dan BLOG.

Dr. H. Agus menanyakan apakah korelasi Kampus Merdeka dengan Program Seamolec? jawaban tim seamolec “sama dan tidak berbeda jauh dari program magang yang dicanangkan Kampus Merdeka dalam pengembangan dan pembelajarannya”, ujar tim seamolec. Setelah memahami betul program Seamolec untuk rintisan kedepan bagi Untirta, Dr. H. Agus beserta jajaran mengapresiasi dan akan bekerjasama lebih lanjut seperti akan diadakan Workshop bagi para Dosen dan Tim Teknis Multimedia/TIK Untirta dalam waktu cepat dalam pelaksanaannya demi memajukan Untirta yang smart and green.