Hari Keempat Pelaksanaan UTBK di Pusat UTBK 311 Banten/Untirta

Diposting pada

Serang – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) memasuki hari keempat. Peserta terlihat sudah mulai berdatangan setelah sholat subuh untuk mengikuti UTBK sesi pertama. Peserta mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan protokol kesehatan covid 19 sebelum memasuki ruang ujian. Pelaksanaan ujian di kampus sindangsaribertempat di laboratorium Komputer Pusdainfo.

Dekan Fakultas Hukum Untirta Dr. Agus Prihartono, MH melakukan monev untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ujian. Ia langsung melakukan pemantauan di ruang ujian lab komputer pusdainfo kampus sindangsari dan melakukan koordinasi dengan penanggungjawab lokasi terkait dengan pelaksanaan ujian. “Alhamdulillah terkait kelengkapan dokumen ujian, kelengkapan berkas, keterlaksanaan pengawasan ujian sudah sangat baik dan terlihat masing-masing melakukan tugas sesuai dengan tupoksinya”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa pelaksanaan UTBK ini merupakan hajat nasional, jadi harus kita laksanakan dan kawal dengan baik karena ini menyangkut masa depan anak bangsa dalam kaitan melanjutkan jenjang pendidikan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun humas Untirta, dibeberapa lokasi ujian pada sesi siang terjadi pemadaman listrik dikarenakan hujan deras disertai petir sehingga pelaksanaan ditunda sekitar satu jam, dan ujian dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Kepala Pusat PMB Untirta Tri Cahyono, S.Kom mengatakan bahwa pada sesi satu pelaksanaan ujian di labkom pusdainfo, ada 1 orang difabel dan 3 orang tidak hadir. Ia juga menegaskan bahwa sebelum melaksanakan ujian, peserta harus melakukan cek lokasi dan ruangannya. “Masih ada beberapa peserta yang salah lokasi ujian, karena tidak membaca kartu peserta dan tidak melakukan survey lokasi hingga ruangan ujian”, ujarnya. Ia juga mengatakan bahwa masih ada peserta yang salah hari ujian. “Selain memastikan hari dan sesi, peserta juga tidak boleh dating terlambat, karena UTBK merupakan suatu sistem/aplikasi jadi tidak ada kompromi di dalamnya”, imbuhnya. Ia berpesan kepada seluruh peserta untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu peserta juga diwajibkan menggunakan masker medis karena untuk menjaga kesehatan, melindungi diri sendiri dan oranglain. Apabila terjadi kendala pada pelaksanaan ujian, ikuti yang diintruksikan oleh pengawas, penanggungjawab lokasi dan tim panitia yang ada di lokasi.