Lepas Sambut Mahasiswa Permata Sakti Tahun 2020

Diposting pada

Untirta, 24/09/20 – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan acara lepas sambut mahasiswa program permata sakti secara daring. Permata Sakti ini merupakann program pertukaran mahasiswa nusantara yang rutin diselenggarakan setiap tahun dengan jangka waktu satu semester. Tahun ini sangatlah berbeda karena pelaksanaannya dengan metode perkuliahan daring.

Mahasiswa permata sakti dari Untirta pada tahun 2020 berjumlah 93 mahasiswa yang dibagi ke 26 PTN mitra, sedangkan dari PTN lain yang mengambil perkuliahan di Untirta sebanyak 153 mahasiswa dari 21 PTN.

Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa program permata bahwa ini merupakan kesempatan yang luar biasa. “Tidak semua mahasiswa dapat mengikuti program ini, karena dalam program ini mahasiswa akan merasakan pengalaman kuliah di tempat lain dengan kultur dan suasana yang berbeda”, ujar Rektor. Rektor juga mengapresiasi semua kampus yang telah bekerjasama dengan Untirta pada program ini yaitu diantaranya Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Musamus (UNMUS) Marauke.

Sekretaris Direktur Bidang Pascasarjana dan Pembelajaran Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM Yanri Wijayanti Subronto, Ph.D., Sp.PD-KPTI, Finasim menyampaikan bahwa permata sakti ini sesuai dengan program merdeka belajar. “UGM baru pertama kali mengikuti program permata sakti, namun kami bersemangat untuk menjalankan program ini dan berharap dapat berkontribusi dalam memajukan pendidikan seluruh Indonesia”, ujarnya. Beliau juga mengatakan bahwa program ini harus menciptakan manusia yang utuh, berkualitas dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Dr. Maria Veronika Irene Herdjiono, M.Si dari Universitas Musamus menyampaikan harapan besar untuk program ini, yaitu untuk mensejajarkan pendidikan di Indonesia. “Rakyat Indonesia dalam hal ini mahasiswa harus memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Program permata sakti ini menjadi salah satu solusi untuk mensejajarkan pendidikan di Indonesia”, pungkasnya.

Acara diakhir sesi ramah tamah saling memperkenalkan diri antar mahasiswa program permata sakti tahun 2020.