Monev Humas Dikti ke Untirta, Rektor : Demi Kepuasan Civitas dan Stakeholder

Diposting pada

SERANG, (15/09/2020) – Unit Layanan Terpadu (ULT) milik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mendapat giliran dimonitoring oleh tim Humas Ditjen Dikti pada selasa (15/09). Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT menyambut baik monev yg dilakukan Humas Dikti yg dipimpin oleh Dody Zulkifli sebagai Subkoordinator Humas Ditjen Dikti. Dalam sambutannya Rektor mengatakan atas nama institusi untirta sangat berterimakasih mendapatkan kesempatan di monev oleh kementerian. Hal ini menandakan Untirta masih mendapat perhatian dari kementerian. “Saya percaya kunjungan monev ini bermanfaat utk meningkatkan layanan di Untirta demi kepuasan civitas dan stakeholder” ucapnya. Dalam kesempatan itu pun Prof. Fatah meyakinkan tim Humas Dikti bahwa banyak yang telah  dilakukan oleh Untirta apalagi pada masa  pandemi dan new normal. ” saya yakin mudah mudahan tidak jauh berbeda dgn penilaian bapak bapak tim humas dikti, kalaupun ada yg kurang semoga kekurangannya tdk banyak” tukasnya. Rektor pun berharap sebelum tim monev Humas Dikti kembali ke jakarta sudah ada hasil sebagai bahan masukan perbaikan layanan di Untirta.

Pada kesempatan yang sama Doddy Zulkifli Sub Koordinator Humas Ditjend Dikti menyampaikan, kunjungan ini salah satunya bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap pelayanan terpadu yang dimiliki perguruan tinggi negeri. Menurutnya,  untuk memberikan layanan yang baik, tentunya membutuhkan unit layanan terpadu agar memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan layanan yang baik tersebut. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik yang ada di perguruan tinggi negeri.”Sekaligus meningkatkan pemahaman bagi para humas di perguruan tinggi negeri untuk semakin meningkatkan pelayanan,” kata Doddy disela-sela kunjungannya. Ia mengaku, kunjungan ini dilakukan selama dua hari yaitu Selasa dan Rabu (15-16/9). Untuk kunjungan hari pertama pihaknya memantau unit layanan terpadu yang berada di Untirta, sekaligus melakukan kunjungan ke pembangunan kampus baru di Sindangsari.

Di kampus baru tersebut, lanjut Doddy, rencananya akan dibangun unit layanan terpadu. Dihari kedua, pihaknya akan melakukan diskusi terkait dengan kehumasan dan keterbukaan informasi publik. Doddy menilai, unit layanan terpadu Untirta merupakan salah satu yang terbaik, karena layanan terpadu milik Untirta sudah terpusat dan dekat dijangkau oleh mahasiswa untuk mendapatkan pelayanan. “Intinya pelayanan terpadu Untirta sudah sangat baik,” tegas Doddy.

Senada disampaikan Firman Hidayat Sub Koordinator Kerjasama, kunjungan ini juga bertujuan untuk monitoring kesiapan perguruan tinggi negeri dalam melaksanakan pelayanan publik sesuai dengan kenormalan baru. Artinya, jangan sampai disaat pandemi pelayanan publik terhenti.Kata Firman, berdasarkan arahan dari pimpinan, pelayanan publik harus berjalan dan disesuaikan dengan protokol kesehatan. Dirjend Dikti sendiri telah membuat instrumen terkait dengan layanan terpadu berdasarkan protokol kesehatan. “Instrumen tersebut diantaranya adalah pegawai pelayanan publik harus menggunakan masker, pembatas antara mahasiswa, pengecekan suhu, pengaturan jarak dan pengaturan jam kerja. Karena pengaturan jam kerja sangat penting, jangan sampai pegawai kelelahan,” imbuhnya.

Perlu disampaikan pula bahwa, Tim Ditjend Dikti yang melakukan monev ini terdiri dari empat orang, yaitu M.S Fajri, Humas Dikti, Mayong, Humas Dikti, Firman Hidayat Sub Koordinator Kerjasama dan Doddy Zulkifli Sub Koordinator Humas Ditjend Dikti.