Kewajiban Moral Untirta Membina Perguruan Tinggi Swasta di Wilayahnya Guna Kemajuan Tridharma Perguruan Tinggi

Diposting pada

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dengan Universitas Faletehan sepakat menjalin kerja sama dalam rangka meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi di Banten. Kerja sama tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan Nota Kesepahaman antara Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T. dan Rektor Universitas Faletehan Andiko Nugraha Kusuma, SKM., M.KM., serta Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Teknik Untirta  dan Fakultas Teknik Universitas Faletehan, di Ruang Rapat Kampus Universitas Faletehan, Kota Serang, hari Kamis (03/9/2020). Acara dihadiri pula Oleh Warek III Untirta Dr. H. Suherna, SP., M.Si., Warek IV Untirta Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd, Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Ing. Asep Ridwan, S.T., M.T., IPM.,  Wakil Dekan II Fakultas Teknik Untirta Dr. Sirajuddin, S.T., M.T., dan Wakil Dekan III Fakultas Teknik Untirta Dr. Tech. Agus Pramono, S.T., M.T., Kasubbag Kerjasama Untirta Ratih Purnamasari, SE., M.Akt., serta dari Universitas Faletehan dihadiri Warek I UF Hj. Sri Rahayu, S.Kp., MKKK., Warek II UF Ns. Fatoni, S.Kep., M.Kep., Warek III UF Hj. Titin Nasiatin, SH., M.KM., Dekan Fikes H. Asra, S.Kep., Ns., M.Kep., Dekan Fisos Mukhlasin, SKM., M.KM., Dekan Sains & Tknik Dr. Iksal Rahmat, MT., Kepala LPM Universitas Faletehan Deni Suwardiman, Kepala LPPM Wiwiek Eko Pertiwi, SKM., MKM., Ka Biro Kemahasiswaan, Promosi & Kerjasama Suhroji Adha, MM. beserta Jajaran Universitas Faletehan. Visi Nota Kesepahaman ini selain dalam rangka meningkatkan dan juga mengembangkan dan penerapan Tridarma Perguruan Tinggi, serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kelembagaan.

Pemaparan Rektor Universitas Faletehan Andiko Nugraha Kusuma, SKM., M.KM., Awal cerita sejarah statistic AKPER (Akademi Keperawatan), Kiprah awal atau sejarah perguruan tinggi Universitas Faletehan khususnya dibidang Keperawatan, Kebidanan dan Kesehatan  Masyarakat, kemudian dilihat banyaknya pengaruh dari Untirta tentang D3 Keperawatan sangat besar sekali dan dibutuhkan bantuannya berskala besar, maka dari itu Universitas Faletehan menginisiasi ke perguruan tinggi negeri yang lebih dulu Exsis di taraf Nasional maupun Internasional seperti Untirta untuk membina dan mendukung perguruan swasta sesuai kewajiban  dan peran Perguruan Tinggi Negeri terhadap Perguruan Tinggi Swasta yang berada diwilayahnya dan “Nota kesepahaman ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi Universitas Faletehan. Tentu saja ke depan ada banyak yang bisa kita lakukan di antaranya seperti melaksanakan peningkatan dibidang penelitian, riset dan sains terkait dalam sebuah langkah strategis untuk bidang kesehatan di wilayah Banten.  “Rektor Universitas Faletehan menambahkan, sebagai lembaga perguruan tinggi swasta besar harapan bisa bekerjasama dengan baik dengan Untirta disegala bidang, paling utama dibidang kesehatan khususnya dan Universitas Faletehan jug bisa dapat kiranya membantu dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru seperti pada penyelenggaraan Ujian Test Berbasis Komputer (UTBK) atau Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) Perguruan Tinggi Negeri yang akan datang dan selanjutnya, bisa dengan berbagai pengalaman lainnya agar berguna bagi jajaran Dosen dan Tendik yang ada di naungan kampus, harus juga  bersinergi, berkolaborasi demi kemajuan Tridharma Perguruan Tinggi.”tutur beliau.

Sambutan Rektor Universitas Faletehan Andiko Nugraha Kusuma, SKM., M.KM.

Dikesempatan waktu yang sama Rektor Untirta menyambut baik kerjasama dan merasa ada tanggung jawab moral untuk saling menguatkan bersama antara Untirta dengan Universitas Faletehan, Rektor mengatakan, kerja sama atau nota kesepahaman dengan Untirta selain saling menguatkan Untirta dan Universitas Faletehan secara tidak langsung sudah sebagai saudara dan merupakan angin segar dan harapan baru bagi Untirta untuk memajukan perguruan tinggi di Banten.  Diawal lalu usulan sudah diterima oleh Rektor Untirta sebelumnya dan kemudian Rektor menginisiasi kepada Dekan Teknik dan Kedokteran untuk memferifikasi supaya bisa langsung berjalan, langsung kerja bersama dan saling menguatkan kerjasamanya dengan Universitas Faletehan.

Untuk mempersingkat waktu Rektor mengapresiasi kepada semua yang menginisiasi persiapan dalam kontexs Perjanjian Kerjasama atau Nota Kesepahaman antara Untirta dengan Universitas Faletehan dan segera akan di implementasikan oleh Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran dibidang kerjasama dengan Universitas Faletehan demi kewajiban moral sebagai Perguruan Tinggi Negeri untuk membina Perguruan Tinggi Swasta yang berada diwilayahnya  dan guna kemajuan Tridharma Perguruan Tinggi.”Rektor Untirta dalam sambutannya. (tbmarif)

Sambutan Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.