Resmi Tamatkan Pendidikan, 117 Lulusan D3 Keperawatan Fakultas Kedokteran Untirta Diharapkan Siap Jadi Leader

Diposting pada

CILEGON (7/8/2020) – Sebanyak 117 (seratus tujuh belas) mahasiswa Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dinyatakan lulus pada semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Hal ini dinyatakan dalam yudisium dan pelepasan lulusan gelombang II tahun 2020 yang diselenggarakan secara daring menyusul kebijakan pemerintah dalam menerapkan new normal. Adapun Dekan Fakultas Kedokteran Untirta, Dr. dr. Siti Farida, M.Kes, Ph.D. didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik & Kemahasiswaan, Dr. dr. Desdiani, M. K. K, Sp. P., dan Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Dr. dr. Omat Rachmat, SP., OT (K) spine, beserta sejumlah perwakilan lulusan dihadirkan di Gedung Fakultas Kedokteran, Kampus Untirta Cilegon.

Anisa Amalia yang berhasil meraih IPK 3,69 didaulat sebagai lulusan terbaik gelombang II Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Kedokteran Untirta. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tenaga pendidik, khususnya Ibu/Bapak dosen D3 Keperawatan yang senantiasa mengajarkan kami dengan jujur dan penuh kesabaran, sehingga kami yang tadinya tidak tahu menjadi tahu dan tadinya tidak bisa menjadi bisa.” Ungkapnya. Kendati mengakui pernah merasakan lelah menjalani rutinitas selama perkuliahan, ia menyadari bahwa seluruhnya dilakukan untuk mendidik dan melatih kedisiplinan diri. “Kami tak boleh menyerah karena kami tahu semua itu dilakukan untuk mendidik kami, untuk melatih kedisiplinan kami karena nanti yang akan kami hadapi bukanlah benda, melainkan manusia.” Lanjutnya.

Dr. dr. Siti Farida, M.Kes, Ph.D. berharap lulusan D3 Keperawatan Fakultas Kedokteran Untirta tak hanya berkemampuan menjadi provider, tetapi juga menjadi leader yang mampu mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah yang dihadapi. “Tentunya (kita berharap) siswa-siswa kita mampu melaksanakan dan mengamalkan kompetensi yang dimilikinya dengan seoptimal mungkin, baik kemampuan akademik maupun kemampuan nonakademiknya, sehingga nanti diharapkan mahasiswa lulusan kita bisa menjadi bukan hanya sebagai provider, tetapi juga sebagai leader. Kalo ada masalah, mampu mengidentifikasi, mampu mencari penyebab, dan mampu bersama stakeholder terkait mencari solusi.” Ujarnya.

Dr. dr. Desdiani, M. K. K, Sp. P. turut berharap lulusan D3 Keperawatan maupun prodi-prodi lain di Untirta memiliki kecerdasan intelektual (intelligence quotient), kecerdasan emosional (emotional quotient), dan kecerdasan spiritual (emotional and spiritual quotient) yang seimbang, sehingga dapat berbaur dengan mudah di lingkungan masyarakat. “Mahasiswa kita harapkan dapat berpikir kritis menghadapi masyarakat dan dunia kerja. Kita tonjolkan bahwa lulusan D3 Keperawatan ataupun prodi-prodi lain di lingkungan FK Untirta itu lebih unggul, tentunya dengan soft skill. IQ-nya jalan, EQ-nya jalan, ESQ-nya jalan. Jadi, bisa bergabung dengan masyarakat sehingga apapun yang mereka lakukan itu tujuannya untuk kebaikan masyarakat, terutama di bidang kesehatan akan diikuti oleh seluruh masyarakat sehingga tercapai peningkatan derajat kesehatan masyarakat kita, salah satunya dari profesi keperawatan dan profesi-profesi lain di rumpun ilmu kesehatan.” Terangnya.

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T. menegaskan bahwa lulusan Untirta haruslah menjunjung nilai-nilai jawara, yakni jujur, , adil, wibawa, amanah, religious, dan akuntabel. “Jawara ini adalah nilai-nilai yang ditanamkan pada seluruh mahasiswa Untirta agar mereka dapat menjadi lulusan yang unggul dan berkarakter.” Ucapnya. (Sekar – Humas)