Peringkat Webometric Untirta Meningkat Tajam

Diposting pada

SERANG, (03/08/2020) – Situs perangkingan / penilaian kemajuan universitas melalui website yang dimiliki oleh setiap universitas yakni webometrics kembali mengumumkan hasil pemeringkatannya. Hasil pemeringkatan ini secara periodik akan diterbitkan setiap 6 bulan sekali pada bulan Januari dan Juli. Webometric melakukan pemeringkatan sekitar 30 ribu Perguruan Tinggi di seluruh dunia. Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan edisi Juli 2020 berjumlah 4000 Perguruan Tinggi

Penilaian webometric ini menggunakan beberapa indikator diantaranya presence, visibility, Transparency/openness, dan excellence dengan bobot masing masing yang berbeda. Berikut penjelasannya

  1. Presencemerujuk pada jumlah halaman (baik dari domain utama maupun subdomain)  website universitas yang terindeks oleh search enggine google bobot dari presence hanya 5%.
  2. Visibility merupakan indikator penilaian dengan jumlah link website universitas yang tercantum pada website lain. Bobot dari visibility sangat besar yaitu 50%
  3. Transparancy (openness)maksudnya adalah jumlah sitasi yang ada di google scholar dimana yang dihitung hanya jumlah sitasi dari 10 penulis teratas sebuah institusi. bobot tranparency google scholar adalah 10%.
  4. Excellenceadalah jumlah karya ilmiah yang terindeks schimagojr.com dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Bobot excellence cukup besar yaitu 35%.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai perguruan tinggi negeri di Indonesia tetunya tidak lepas dari penilaian dan perangkingan yang dilakukan webometric. Melansir halaman  http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20, Untirta berada diperingkat 57 tingkat nasional dan 4754 ditingkat dunia. Hal ini tentu saja meningkat tajam dari perolehan peringkat untirta tahun 2019 yakni 83 untuk nasional sedangkan 5533 tingkat dunia.

Menanggapi hal tersebut Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST, MT menanggapinya dengan rasa syukur. “Alhamdulillah ya dilihat dari webometric, peringkat untirta mengalami peningkatan yang signifikan. Ini merupakan bukti nyata bahwa untirta terus bergerak dan memperbaiki diri dalam rangka menggapai visi terwujudnya Untirta sebagai Integrated Smart and Green (It’S Green) University yang Unggul, Berakarakter, dan berdaya saing di Kawasan ASEAN tahun 2030”.ucapnya.

Senada dengan Prof. Fatah, Kasubag Humas Untirta, Veronica Dian Faradisa, SE.,MM menyambut kabar baik tersebut dengan senang hati. “Tentunya sebagai warga civitas akademika Untirta sangat senang dan bahagia melihat peringkat Untirta naik signifikan. Bukan berarti kami sombong dan berpuas diri dengan perolehan ini, tapi kami lebih mensyukuri karena meningkatkan peringkat webometric bukanlah yang mudah dan kami sadar sebenarnya peringkat tersebut masih jauh jika dibandingkan Universitas lainnya khususnya yang ada di Indonesia dan sudah pasti hal ini akan kami jadikan motivasi agar Untirta menjadi lebih baik lagi tidak hanya dalam kualitas websitenya tapi juga dari segi hal – hal lainnya”.tandasnya.