Pelepasan KKM Tematik Tahun 2020 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Diposting pada

SERANG – Hari Senin (20/07/2020), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat(LPPM) Untirta, Melaksanakan Kegiatan Pelepasan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Tahun 2020 Untirta yang diresmikan dan di lepas secara simbolis oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., bertempat di Ruang Rapat Besar Gedung Rektorat  lt.2 Untirta Pakupatan Serang Banten. Acara Kegiatan Pelepasan dihadiri pula., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum,Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas H. Kurnia Nugraha, ST., MT., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Dr. H. Suherna, SP., M.Si.,  Ketua LPPM Dr. Rusmana, Ir. MP., Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Drs. Mochamad Ganiadi, M.M., Ketua Panitia KKM Untirta Tahun 2020 Dr. Suwaib Amirudin, M.Si., Para Dekan Fakultas Untirta dan Para Ketua Jurusan Untirta, Para Korpus Link.LPPM, Para KORWIL, Penyelenggaraan acara tetap dengan mematuhi prosedur Protokol Kesehatan Covid-19 dan virtual bagi para undangan atau peserta yang tidak bisa berkesempatan hadir dalam acara tersebut dan di tayangkan pula Live On YouTube oleh Untirta TV. Pemaparan Laporan Kegiatan KKM Tematik Tahun 2020 Untirta Oleh Dr. Suwaib Amirudin, M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Suwaib Amirudin, M.Si., selain memaparkan beberapa laporan kegiatan KKM pada periode tahun ini disebut KKM Reguler dan sangat Special karena disituasinya berbeda dari tahun yang lalu berada di Era pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia sehingga  Tema KKM Tahun ini yaitu “Tetap Produktif di Ea Pandemi Covid-19, Untuk membangun Bangsa dan Masyarakat”. Tema ini merupakan tema yang merangkum semua persoalan-persoalan yang akan kita selesaikan ditengah masyarakat melalui KKM Reguler Tahun 2020 kali ini. Pelaksanaan kegiatan KKM lebih banyak melakukan kegiatan baru tidak banyak bertemu langsung atau tatap muka dengan masyarakat dan diharapkan sering melakukan sosialisi situasi Covid-19 selama ada dilapangan. Kami laporkan bahwa data jumlah peserta KKM Reguler  tahun 2020 Untirta sejumlah 2044 orang peserta  ada di 6 Fakultas, Dosen Pembimbing Lapangan(DPL) sebanyak 150 orang dan KORWIL sebanyak 21 wilayah tersebar di pulau Jawa dan luar pulau Jawa. Besar harapan panitia kepada peserta KKM Untirta tahun ini tetap produktif dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19 dan tetap tertib secara Daring selama pelaksanaan dilapangan .

Disela acara Ketua LPPM Dr. Rusmana, Ir. MP. menambahkan uraian atau tanggapannya terhadap Kegiatan Pelepasan KKM Reguler Tematik Tahun 2020 Untirta.   Bersyukur dan Mengapresiasi dan terimakasih kepada seluruh Mahasiswa, semua pihak dan yang berperan penting atas dukungannya pada pelaksanaan KKM Untirta pada periode tahun ini dari mulai pendaftaran, pembekalan dan Pelepasan. Besar harapan agar kita selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 karena KKM tahun 2020 berbeda dengan tahun lalu dengan mengikuti panduan sesuai Tema . Di akhir sambutan Beliau menyampaikan pula ucapan selamat kepada seluruh peserta KKM tahun 2020 Untirta berjalan dengan baik dan lancar, dan tetap selalu berkoordinasi, informasi, harmonisasi dan dokumentasi(berkolaborasi) bekerjasama dilapangan secara mekanisme yang jelas dengan panduan yang sudah dibekali sampai akhir pelaksanaan, bisa berguna sebagai motivasi dengan hasil yang membanggakan  .”Sambutan dan Simbolis Pelepasan KKM Oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si.,

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dan Pelepasan KKM Tahun 2020 Untirta dilakukan secara simbolis diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., secara Online melalui Zoom dan ditayangkan langsung oleh Untirta TV melalui YouTube.   Diawal sambutannya bersyukur atas karunia Allah SWT menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada semua peserta KKM semoga  selalu diberikan kesehatan selama  dalam pelaksanaan KKM. Pelepasan peserta KKM tahun 2020 diwakili oleh 2 orang peserta yaitu  atas nama Febiola dari FKIP dan Mohammad Ulul dari FISIP. Diasampaikan pula bahwa kegiatan tahun ini ada sedikit perbedaan yaitu KKM tahun ini berada ditengah ujian Pandemik Covid-19 khusus bagi KKM Untirta tahun ini, dan terbagi dibeberapa wilayah penjuru nusantara di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.  Besar harapan   Pelaksanaan KKM tahun 2020 kali ini bertujuan untuk bisa memberikan kontribusi pengembangan pembangunan pada  masyarakat di wilayah atau daerah dengan menunjukan dedikasi , integritas dan selalu menjalankan program-program yang dicanangkan oleh LPPM bisa dilaksanakan dengan baik, tetap selalu mengacu atau memperhatikan Protocol Kesehatan Covid-19. Hasil Produktif yang diinginkan kita bersama  kepada peserta KKM Tahun ini untuk bisa berkreasi, inovasi dan mengimplementasikan program-program khususnya terkait dengan kesehatan dan perekonomian di daerah peserta KKM masiang2. Kemudian Dr. Agus Sjafari berpesan kepada Peserta KKM tahun 2020 Untirta kali ini untuk menjaga prilaku dan sopan santun yang baik sehingga Citra Untirta di lokasi wilayah atau tempat kegiatan KKM Reguler Tahun 2020 menjadi harum namanya dengan selalu berkoordinasi dengan aparatur desa atau wilayah setempat untuk merancang dan merencanakan  atau merealisasikan program-program kerja sehingga semua program bisa mendapatkan hasil yang baik, dan selalu memberikan solusi kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Mahasiswa(KKM) Reguler tahun 2020 Untirta.”Tuturnya. (tbmarif)