Pembekalan KORWIL dan DPL KKM Tahun 2020 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Diposting pada

SERANG,15/07/20. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat(LPPM) Untirta selenggarakan Pembekalan KORWIL dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk Pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Untirta Tahun 2020, pada hari Rabu (15/07/2020) bertempat di Auditorium Gedung B lt.3 Untirta Pakupatan. Untuk jadwal pembekalan  tahap 2 bagi peserta KKM akan diselenggarakan hari Jumat tanggal 17 Juli 2020. Sedangkan waktu Pelepasan Peserta KKM Untirta tahun 2020 dimulai  dari tanggal 20 Juli sampai dengan tanggal 20 Agustus 2020. Acara pada pagi hari ini selain Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT., dihadiri pula Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., Kepala Dinas Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Prov. Banten Dr. Hj. Pramuji Astuti, MA., Ketua LPPM Dr. Rusmana, Ir. MP., Ketua LP3M Prof. Dr. Eng. A. Ali Alhamidi, ST., MT., Ketua Panitia KKM Untirta Tahun 2020 Dr. Suwaib Amirudin, M.Si., Para Dekan Fakultas Untirta dan Para Ketua Jurusan Untirta, di acara Pembekalan KORWIL dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKM Untirta tahun 2020 di buka langsung oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT. penyelenggaraan acara tetap dengan mematuhi prosedur Protokol Kesehatan Covid-19 dan virtual bagi para undangan yang tidak bisa berkesempatan hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Dr. Suwaib Amirudin, M.Si., selain memaparkan beberapa laporan kegiatan KKM pada periode tahun ini bahwa situasinya berbeda dari tahun yang lalu dikarnakan pada saat ini Indonesia dan dunia menghadapi pandemi Covid-19 sehingga kita harus mematuhi peraturan yang dibuat pemerintah yaitu mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Dan pelaksanaan kali ini aspek kegiatan KKM lebih banyak melakukan kegiatan baru tidak banyak bertemu langsung atau tatap muka dengan masyarakat dan diharapkan sering melakukan sosialisi situasi Covid-19 selama ada dilapangan,. Kemudian mesti kita ketahui bersama bahwa Pelaksanaan Pelepasan KKM Untirta 2020 dari mulai tanggal 20 Juli sampai dengan tanggal 20 Agustus 2020, dan jumlah peserta KKM Untirta di tahun 2020 sebanyak 2044 orang peserta , Dosen Pembimbing Lapangan(DPL) sebanyak 150 orang dan KORWIL sebanyak 21 wilayah tersebar di pulau Jawa dan luar pulau Jawa. Besar harapan panitia kepada peserta KKM Untirta tahun ini “Tetap produktif dengan melalui KKM di Era Pandemi Covid-19 untuk Membangun Bangsa dan Masyarakat”,  bahwa teknisnya kegiatan KKM yang akan dilaksanakan pada tahun ini dilakukan secara Daring tidak boleh ada aktifitas tatap muka dengan masyarakat. Selanjutnya metode dan mekanisme dilapangan KKM Untirta tahun 2020 akan dibahas oleh Tim Teknis Pembekalan KORWIL dan DPL KKM Untirta 2020 disesi berikut setelah acara diresmikan oleh Rektor Untirta.”tuturnya.

Sementara itu Rektor  Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT., diawal sambutannya bersyukur atas karunia Allah SWT menyampaikan apresiasi tinggi atas kerja keras dari koordinator LPPM dibawah koordinasi Ketua LPPM dibawah jajaran Korpus sehingga bisa melalui rangkaian kewajiban kurikulum walaupun KKM tahun ini berada ditengah ujian Pandemik Covid-19 yang akan menjadi kejadian bersejarah penting yang tidak akan dirasakan oleh masyarakat Banten saja akan tetapi diluar daerah banten seperti Lombok, Palangkaraya, Papua, Jawa tengah, Jawa Barat, DKI dan di wilayah lainnya di nusantara. Untirta dengan mencermati perkembangan terhadap Covid-19 merasa terpanggil dan memberikan kontribusi dalam upaya penanganan, pencegahan, penggalangan di Pandemik Covid-19 dengan memberikan pencerahan advokasi, solusi kpd masyarkat melalui Kuliah Kerja Mahasiswa(KKM) tahun ini. Rektor berharap KKM kali ini tetap berkreasi, inovatif bisa mengumpulkan data base penting hasil dari KKM dan akan atau bisa menjadi produk Untirta untuk motivasi, mensukseskan program-program ke depan menuju untirta yang terintegrasi Smart Green, yang unggul, berkarakter, berdaya saing di Level Asean tahun 2030 kita lakukan dengan kekuatan bersama-sama dengan nilai-nilai Jawara, kemudian dengan diakhir sambutan Secara Resmi Rektor membuka acara Pembekalan KORWIL dan DPL KKM Untirta 2020.  

Diselang Acara Ketua LPPM Dr. Rusmana, Ir. MP. menambahkan uraian atau tanggapannya terhadap Pembekalan KORWIL dan DPL KKM Untirta 2020.   Bersyukur dan Mengapresiasi dan terimakasih kepada semua pihak dan yang berperan penting atas dukungannya pada pelaksanaan KKM Untirta pada periode tahun ini. Beliau menyampaikan pula bahwa KKM kali ini situasinya berbeda dari tahun yang lalu sehingga keberhasilannya sangat dibutuhkan para DPL dan KORWIL, dengan cara bagaimana  berkoordinasi, informasi, harmonisasi dan dokumentasi(berkolaborasi) bekerjasama dilapangan secara mekanisme yang jelas dengan panduan di tahapan-tahapan sampai akhir pelaksanaan dan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 dilapangan sebagai pengabdian kepada masyarakat sehingga kedepan bisa menjadi temuan, inovasi, kreatifitas dan bisa berguna sebagai motivasi bagi masyarakat luas.”(tbmarif)