Terapkan Protokol Covid-19 Dengan Ketat, Pelaksanaan Hari Pertama UTBK di Banten Berjalan Lancar Sesuai SOP LTMPT

Diposting pada

Serang, 05 Juli 2020 – Pusat UTBK 311 Untirta Banten melaksanakan UTBK di empat belas lokasi yang terdiri dari Kampus A Untirta Pakupatan, Kampus B Untirta Cilegon, SMAN 1 Kota Serang, SMAN 3 Kota Serang, MAN 2 Kota Serang, SMKN 1 Kota Serang, SMKN 2 Kota Serang, SMAN 1 Ciruas, SMKS PGRI 1, SMKS PGRI 3, SMKS Pasundan 1, Unsera, UMN dan Binus. Pelaksanaan hari pertama sesi satu berlangsung Pukul 09.00 – 11.15 WIB dan sesi dua 14.00 – 16.15 WIB dengan standar protokol covid yang telah ditetapkan oleh LTMPT Pusat.

Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT melakukan monev ke lokasi UTBK Binus dan UMN. Rektor ingin memastikan bahwa protokol covid-19 dilaksanakan secara ketat. “Kami menghimbau kepada seluruh panitia dan mitra UTBK yang lokasinya digunakan untuk pelaksanaan ujian untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai dengan intruksi LTMPT Pusat”, tegasnya. Rektor juga memastikan jaringan internet dan alat pendukung UTBK berjalan dengan baik. “Jika ada masalah, segera koordinasikan dan atasi secepat mungkin sesuai dengan SOP yang ada”, ujarnya.

Monev pimpinan dilanjutkan oleh Ketua Panitia Pusat UTBK LTMPT Banten Dr. H. Agus Sjafari, M.Si pada sesi kedua. Beliau memantau langsung jalannya ujian dan berkoordinasi dengan penanggung jawab lokasi terkait pelaksanaan UTBK. “Saya berharap ujian berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun”,ungkapnya. Ketua pelaksana juga menyampaikan bahwa UTBK kali ini dirasa sangat berbeda dengan pelaksanaan tahun yang lalu dikarenakan pandemi covid-19. “Panitia pusat UTBK 311 Untirta Banten telah berupaya maksimal mensukseskan pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun 2020”, ujarnya.

Pantauan dibeberapa lokasi UTBK Banten seperti di SMAN 1 Serang dan MAN 2 Serang berjalan lancar dan terkendali. Meskipun ada sedikit kendala teknis di server pusat UTBK, namun hal tersebut tidak banyak mempengaruhi terhadap jalannya UTBK. Peserta hanya diminta untuk tenang dan bersabar menunggu hingga koneksi dengan server pusat tersambung kembali. Adapun masalah tersebut hanya memakan waktu tidak lebih dari 10 menit dan tidak mengurangi jatah waktu peserta.

Jika dilihat dari segi penerapan protokol Covid-19 di empat belas lokasi UTBK Banten sangatlah ketat. Yang dibolehkan masuk hanyalah peserta sedangkan para pengantar hanya diperkenankan sampai depan pintu gerbang. Sebelum masuk lokasi, tepatnya di depan pintu gerbang telah dijaga oleh petugas yang akan mengecek suhu tubuh, mencuci tangan dengan handsanitizer dan meregistrasi kehadiran peserta sesuai kondisi kesehatan peserta. Hal ini dilakukan agar memudahkan tracking bilamana terjadi sesuatu di luar dugaan terhadap kondisi tubuh si peserta. Selesai di cek suhu tubuh dan registrasi, jika tidak ada kendala peserta dipersilahkan masuk ke lokasi dengan baris berjarak sekitar 1 meter antar peserta hingga masuk ruangan Ujian. Begitupun ketika selesai ujian, peserta diwajibkan berjalan dengan berbaris dan berjarak.

Jumlah peserta pada hari pertama di pusat UTBK 311 Untirta Banten yaitu sebanyak 3080 peserta dan total seluruh peserta yang telah mencetak ulang kartu terbaru yaitu 17.977 peserta. Pelaksanaan UTBK Tahap satu, berlangsung dari tanggal 05 sampai 14 Juli 2020, tahap dua tanggal 20 – 29 Juli 2020 dan tahap cadangan diagendakan tanggal 1 sampai 3 Agustus 2020.