Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Untirta Tahun 2020 Secara Daring, Mengikuti Panduan Ditjen Dikti Kemdikbud RI.

Diposting pada

Serang, 30 Juni 2020 – Bidang Kemahasiswaan Untirta menyelenggarakan rapat kedua dalam rangka persiapan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2020 dengan kondisi Pandemi Covid-19 bertempat di Ruang rapat Rektorat lantai 2 Untirta Kampus Pakupatan Kota Serang. Hadir pada kesempatan tersebut Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Dr. H. Suherna, SP., M.Si sebagai pimpinan rapat, Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Bagian Kemahaiswaan BAKP,  dan perwakilan dari seksi terkait PKKMB Untirta 2020.

Rektor Untirta dalam arahannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru di era saat ini yaitu mengikuti panduan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud yaitu melalui surat Nomor : 631/E.E2/KM/2020 tentang Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2020 dengan metode daring. “Muatan yang harus tercover dalam pelaksanaan kehidupan kampus yaitu terkait kampus merdeka, 5 program gerakan nasional revolusi mental dan visi misi Rektor Untirta”, ujar Rektor. Diharapkan seluruh unit dapat enginformasikan kepada mahasiswa baru tentang tugas dan fungsinya, agar mahasiswa baru dapat mudah beradaptasi dan memahami dengan detail terkait kegiatan perkuliahan dan kepengurusan administrasi di Untirta. “Pelaksanaan PKKMB di pantau oleh pusat, sehingga kita harus mematuhi seluruh aturan yang tertuang pada pedoman PKKMB yang telah di sebarluaskan oleh Pusat”, pungkasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Suherna dalam kesempatan tersebut mengesahkan tema kegiatan yaitu “PKKMB Membentuk Mahasiswa yang Smart and Green di Era New Normal”. Selanjutnya, WR Bidang Kemahasiswaan menyampaikan bahwa materi kegiatan berkaitan dengan bela negara, gerakan anti narkoba, penanggulangan terorisme, kebencanaan khususnya terkait covid-19, Kebantenan dan kewirausahaan. “Selain materi tersebut, ada materi dari internal terkait tugas dan fungsi tiap-tiap unit untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa baru dalam proses atau pola pendidikan di perguruan tinggi”, ungkapnya. Kemudian hasil rapat ini akan disosislisasikan kepada mahasiswa yang akan terlibat dalam pelaksanaan PKKMB 2020 agar membuat sinergitas dan menyamakan persepsi, mengingat PKKMB secara daring baru tahun ini akan dilakukan. “Kami akan membagi pelaksanaan PKKMB secara daring sesuai dengan jalur masuk masing-masing. Diagendakan, pelaksanaan PKKMB jalur SNMPTN Untirta akan dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2020”, pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang membahas kesiapan waktu pelaksanaan, acara dan jaringan. Sidang Senat Terbuka Untirta peihal pengukuhan mahasiswa baru, akan dilaksanakan di Gedung Auditorium Untirta.