SILATURAHMI PANITIA PUSAT UJIAN TULIS BERBASIS KOMPUTER (UTBK) UNTIRTA DENGAN PIMPINAN PTS DAN PIHAK SEKOLAH UNTUK KERJASAMA PELAKSANAAN UTBK-SBMPTN.

Diposting pada

Jumat, 12/06/20 – Untirta sebagai Ketua Panitia Pusat UTBK PTN di Wilayah Banten pagi tadi bersilaturahmi dengan Mitra Pusat UTBK  untuk melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Panitia Pusat UTBK PTN dengan Mitra UTBK PTN 311 diantaranya : beberapa PTS dan Sekolah . Dihadiri oleh Rektor Perguruan Tinggi masing-masing dan Kepala Sekolah.

Acara Dibuka oleh Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa,  Prof. Dr. H .Fatah Sulaiman, ST., MT. dalam  kesempatan tersebut mengucapkan mohon maaf lahir dan batin , serta menghaturkan banyak terima  kasih telah bermitra dengan panitia pusat utbk  untuk mensukseskan pelaksanaan UTBK Tahun 2020.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilakukan oleh Dr. Agus Sjafari, M.Si sebagai Ketua Panitia Pusat UTBK PTN 311 dengan  12 Mitra UTBK PTN. Rektor Untirta menghadiri Silaturahmi Koordinator Pusat UTBK Untirta dengan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Pihak Sekolah untuk kerjasama pelaksanaan UTBK-SBMPTN Sub.Lokasi Ujian di Kabupaten/Kota wilayah Banten, bertempat di Ruang Rapat Besar Lt.2 Gedung Rektorat Untirta Pakupatan, dihadiri pula Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, KaPusda Informasi, Ketua Pelaksana UTBK, Kabag. Perencanaan dan Kerjasama serta Kasubag Humas.

Sebelum melaksanakan penandatangan  perjanjian Kerjasama , acara dipandu oleh Tim Korpel dan Kortik UTBK M. Iman Santoso, M.Sc. Ph.D dan Tri Cahyono, S.Kom. MM., serta dihadiri oleh panitia inti.

Dalam pemaparannya, dijelaskan mekanisme ujian dan waktu pelaksanaan utbk serta beberapa tempat sebagai sub lokasi ujian nanti.  Mengingat pelaksanaan UTBK tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, Tono menjelaskan bahwasannya pelaksanaan UTBK disesuaikan dengan kondisi sekarang, dengan menggunakan protokol covid-19 baik bagi Pengawas dan peserta dengan disediakannya berbagai alat pendukung di sub lokasi ujian,  panitia telah melayangkan surat untuk berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Provinsi, kamipun berkoordinasi juga dengan Manager PLN wilayah Banten untuk antisipasi padamnya aliran listrik agar berjalan baik tidak ada kendala selama pelaksanaan UTBK baik di Serang dan Tangerang.

Persiapan dan Pelaksanaan UTBK tahun ini Tim Pelaksana UTBK Untirta memaparkan detail kegiatan untuk pembekalan mulai dari persiapan waktu pendaftaran sampai dengan pelaksanaan dan pengumuman hasil UTBK-SBMPTN bisa dipantau di Admin Center di Dasbor masing-masing mitra. Waktu persiapan Ujicoba UTBK tanggal 28 Juni sampai dengan 4 Juli, persiapan disini dalam arti hasil ujicoba Nasional bila ada kendala bisa diperbaiki ditanggal 28 juni sampai dengan 4 Juli tersebut, sehingga pada waktu pelaksanaan di tanggal 5 Juli sampai dengan 12 Juli sudah tidak ada kendala lagi. Ditambahkan pada tahun ini memakai protocol kesehatan Covid-19 dengan diawasi, dipantau selalu jaga jarak.

Pada tahun ini sesi Test dilakukan 4 sesi berbeda dengan tahun lalu yang dilakukan hanya 2 sesi, Test menggunakan kuota infrastruktur 1800 PC, semoga pada waktu pelaksanaan test tidak ada masalah atau kendala sesuai yang diharapkan karena secara Teknis kita telah siap semuanya dari hasil cek atau uji coba kelayakannya dilapangan.

Pada waktu tahun lalu UTBK PTN dilaksanakan seminggu 2 kali dalam 2 bulan sedangkan pelaksanaan tahun ini dipadatkan dalam waktu 8 hari dan oleh karena itu harus Ready computer dan terutama tenaga listriknya harus tersedia dengan baik. Perjanjian kerjasama yang telah disampaikan Draft dan gambarannya telah dipelajari bersama sesuai standar semoga tidak ada masalah dan berharap bisa menyepakati perjanjian kerjasamanya, tutur Dr. Agus Sjafari, M.Si.

Sebagai informasi, Pendaftaran UTBK mulai dari tanggal 2 Juni samapai dengan 20 Juni 2020, waktu pelaksanaan UTBK dari tanggal 05 Juli sampai dengan 12 Juli 2020, dan Pengumuman Hasil UTBK pada tanggal 25 Juli 2020. Sedangkan pemetaan Test UTBK dibagi kepada Sub.Lokasi Mitra 12 antara lain yaitu MAN2 KOTA SERANG, SMAN 1 KOTA SERANG, SMAN 3 KOTA SERANG, SMKN 1 KOTA SERANG, SMKN 2 KOTA SERANG, SMKS PGRI 1 KOTA SERANG, SMKS PGRI 3 KOTA SERANG, SMKS PASUNDAN 1 KOTA SERANG dan SMAN 1 CIRUAS KAB. SERANG, sedangkan di PTS yaitu Universitas Multimedia Nusantara dan Universitas Bina Nusantara. Kapasitas kursi yang terdapat 2 Zona wilayah yaitu Zona wilayah UTBK Untirta-Tangerang sebanyak 18.150kursi untuk 5264 peserta dan Zona wilayah Untirta-Serang sebanyak 35.880 kursi untuk 8587 peserta test UTBK tahun 2020.

(tbmarif)