WUJUDKAN PROGRAM KAMPUS MERDEKA, UNTIRTA MoU DENGAN PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDERA

Diposting pada

SERANG, (28/02/2020) – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa kembali melakukan penandatangan nota kesapahaman (MoU) dengan dunia industri salah satunya dengan anak perusahaan Krakatau Steel yakni PT.Krakatau Bandar Samudra (PT. KBS). MoU ini dilaksanakan di Gedung ADB PT. KBS pada hari jumat (28/02) dan dikemas dalam acara peringatan HUT PT.KBS ke-24. Selain Jajaran Komisaris, Direksi, dan karyawan  PT. KBS hadir pula Direksi dari berbagai perusahaan Mitra  PT. KBS baik mitra sesama industri maupun mitra perbankan yang juga menyaksikan penandatangan MoU antara Untirta dengan PT. KBS. Penandatangan MoU ini langsung ditandatangani oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT dan Direktur PT. KBS, Alugoro Mulyo Wahyudi.

Dalam sambutannya, Alugoro Mulyo Wahyudi selain memaparkan kemajuan yang telah diraih PT. KBS selama setahun terakhir ia juga memberikan dukungan dan menyambut baik program kampus merdeka yang diluncurkan oleh kemendikbud. “PT. KBS siap bersinergi dengan perguruan tinggi khususnya Untirta yang merupakan perguruan tinggi terbesar di Banten” tuturnya. Lebih lanjut mantan Direktur SDM PT KS ini menjelaskan salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perusahaan adalah dengan melakukan kerjasama  dengan perguruan tinggi yakni Untirta. Menurutnya Untirta telah menjadi universitas negeri terbaik di Banten dan PT. KBS akan mendukung kebijakan kampus merdeka dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. “Informasi dari pak rektor dalam program kampus merdeka saat ini memungkinkan mahasiswa magang di perusahaan selama 2 semester dan di nilai sama dengan 40 sks” terangnya.

Sementara itu Rektor  Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT diawal sambutannya mengucapkan Selamat Ulang tahun Ke-24 untuk PT. KBS. “ atas nama institusi kami mengucapkan selamat ulang tahun kepada PT. KBS yang ke 24, semoga order tambah banyak dan semakin maju” ucapnya. Selanjutnya Prof. Fatah menyampaikan apresiasi terhadap cepatnya PT. KBS merespon kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait program kampus merdeka. Menurut Rektor ada 4 poin yang menjadi amanat dari program kampus merdeka 2 poin diantaranya butuh keterlibatan industri. “ yang pertama yaitu mandatori untuk memberikan program magang bagi mahasiswa seluruh perguruan tingggi negeri oleh industri ini kita apresiasi 2 semester setara 40 SKS”.Ujarnya. Dengan adanya point tersebut mahasiswa dapat memberikan sumbangsih pemikiran termasuk kompetensi yang dimiliki diseluruh bidang.  Lanjut Fatah menjelaskan point kedua, kampus diberikan ruang untuk membuka prodi sesuai kebutuhan industri. “Kita bersama indutri diberikan kebebasan untuk membuka prodi sesuai permintaan industri yang penting ada komitmen bersama dukungan industri berkelas dunia seperti PT. KBS”katanya. Terkait hal tersebut untuk memujudkan poin kedua ini cukup dengan Surat Keputusan Rektor karena untirta sudah terakreditasi A. (RDB)