Untirta Peduli bersama Dharma Wanita Berikan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan pada Penyintas Bencana Banjir Lebak

Diposting pada

(Lebak, 07/01/2020) Tim Untirta Peduli bersama Dharma Wanita Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengunjungi lokasi wilayah terdampak banjir Lebak usai mendapat pengarahan dari Rektor Untirta, Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T, M.T. Turut serta bersama tim ialah Koordinator Tim Peduli Untirta Dr. H. Suherna, SP., M.Si., Sekretaris LPPM Drs. Hidayatullah Haila, M.M., dan Mantan Rektor Untirta Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd.

Bantuan logistik dikumpulkan sementara di Posko Terpadu Untirta Peduli Korban Banjir Lebak yang telah didirikan sehari sebelumnya di Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sebelum didistribusikan lebih lanjut ke lokasi-lokasi penampungan para penyintas di daerah Cipanas dan sekitarnya. Bantuan berupa sembako, air mineral dalam kemasan, karpet, keset, peralatan kebersihan, peralatan masak, alat sholat, pakaian dalam, popok bayi, pembalut wanita, genset,  obat-obatan, dll diperoleh melalui penggalangan donasi oleh civitas akademika Untirta.

“Target Untirta posko masih buka hingga empat hari kedepan. Dengan demikian membuktikan bahwa Untirta hadir bersama masyarakat untuk peduli terhadap korban bencana banjir. Terlebih keluarga besar Untirta juga ada yang berasal dari Kabupaten Lebak,” ujar Rektor Untirta.

Untirta Kumpulkan Bantuan Logistik bagi Penyintas Bencana Banjir Lebak di Posko Terpadu Untirta Peduli

Sejumlah bantuan logistik langsung disalurkan melalui salah satu perwakilan guru SMP 1 Lebak Gedong, Desa Cibuluheun untuk selanjutnya didistribusikan ke SMP 4, SMP 1, SMP 2, dan SMP 3 Lebak Gedong. Diketahui bangunan-bangunan sekolah di wilayah tersebut hancur diterjang banjir bandang yang telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.  Pada hari yang sama Presiden RI, Ir. Joko Widodo meninjau GOR yang difungsikan sebagai posko terpadu bersama Menteri PUPR.

Tidak hanya bantuan logistik, Tim Untirta Peduli turut melibatkan tenaga medis dari Fakultas Kedokteran Untirta yang memberikan pertolongan pertama dan pelayanan kesehatan di Puskesmas Lebak Gedong. Puskesmas ini menjadi salah satu destinasi pertama para penyintas yang berhasil dievakuasi. Tenaga medis Untirta yang turun tangan di antaranya, yakni Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dr. Desdiani, M.K.K, Sp.P, dr. Robi Oktadinata, Sp.B, Ketua Prodi D3 Keperawatan Aminah, S.Kep., Ners., M.Kes., serta Ketua Prodi Gizi Hj. Lili Amalia, S.KM., MM, Kes., DNM.

Bantuan yang diperoleh melalui penggalangan donasi oleh civitas akademika Untirta mulai didistribusikan ke wilayah terdampak Banjir Lebak.

Untirta masih akan terus menyampaikan bantuan dan menugaskan tenaga medis, serta melaksanakan program trauma healing terutama bagi anak-anak penyintas bencana banjir Lebak, Banten. Hingga hari ini bantuan dari Untirta terus mengalir. Sejumlah fakultas di Untirta memberikan sejumlah bantuan berupa alat yang dibutuhkan korban bencana secara bergiliran.  (Sekar)