Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

LP3M Lakukan Asistensi dan Pembahasan Kurikulum 2019 di Pascasarjana

Pada hari Jumat 2 November 2018 di Ruang Rapat Pascasarjana, Untirta, Serang dilaksanakan Asistensi dan Pembahasan Kurikulum 2019 Pascasarjana yang akan berlaku mulai Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan selesainya kegiatan ini, maka LP3M telah lengkap melakukan asistensi/pembahasan Kurikulum 2019 di 6 (enam) fakultas dan pascarjana Untirta.

Hadir pada kegiatan tersebut Direktur pascasarjana Untirta yang diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Akademik (Dr. Masrupi), Ketua LP3M yang diwakili Sekretaris LP3M (Dr Syihabudin), Koordinator Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (Maman Fathurrohman, Ph.D), para ketua/koordinator serta sekretaris Prodi pascarjana dan sejumlah staf.

Kegiatan asistensi dan Pembahasan Kurikulum 2019 di Fakultas/Pascasarjana merupakan bagian dari upaya sistematis, massif, dan terstruktur dalam pengembangan Kurikulum 2019 Untirta. Kegiatan tersebut bagian dari implementasi SK Rektor perihal Pengembangan Kurikulum mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, sampai Program Studi. Sekaligus kesepakatan dan rencana tindak lanjut, sebagai hasil Rapat Koordinasi Akademik dan Kurikulum I pada 3 April 2019, Rapat Koordinasi II pada 11 Juli 2019 dan Rapat Koordinasi III pada 30 Juli 2019. Wakil Direktur Bidang Akademik menyampaikan bahwa Pascasarjana menggunakan konsep one gate one policy, bahwa cukup satu pintu dalam penentuan kebijakan, yaitu melalui kebijakan universitas dalam berbagai hal. Pascasarjana memperhatikan matrikulasi dan menyadari keberadaan fresh graduate dari para calon mahasiswa barunya. Pascarjana juga akan melakukan studi banding ke Pascasarajana UNY dalam waktu dekat sebagai bagian peningkatan mutu.

Sementara itu Sekretaris LP3M mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas perhatian pascasarjana dalam pengembangan kurikulum 2019. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan asistensi dan pembahasan kurikulum 2019. Berbagai pembahasan Matrikulasi, Mata Kuliah Pascasarjana, dan Pengisian dan Pengumpulan Formulir Isian Kurikulum 2019. Disepakati bahwa Pedoman Matrikulasi cukup diatur melalui wewenang Direktur Pascasarjana dan pengembalian formulir isian Kurikulum 2019 sesuai format baku, pada minggu berikutnya

Acara diakhiri dengan penyerahan cenderamata buku-buku standar Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA yang diterbitkan oleh LP3M. Diskusi menghasilkan berbagai saran dan masukkan lainnya agar Kurikulum 2019 Untirta bisa menjadi baik, sukses dan lancar untuk dilaksanakan. (Herdiansyah W-Humas)

Berita Terbaru Lainnya