Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Peringati Hari Listrik Nasional

Pada hari listrik nasional Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), merealisasikan program kerja pada bidang pengabdian kepada masyarakat dan bangsa dengan membuat program HME Goes to School dan penyuluhan kelistrikan yang di rangkaikan oleh agenda tahunan Peringatan Hari Listrik Nasional dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 November 2018 di Pondok Pesantren Mathlaul Huda, Desa Dalembala, Pandeglang, yang mengajak kaum intelektual diantaranya pelajar sekolah dan mahasiswa serta seluruh elemen masyarakat untuk memberikan dukungan dan bisa mengikuti seluruh rangkaian acara.

Pada kegiatan HME Goes To School perwakilan mahasiswa HME memberikan sebuah materi, pertama yaitu tentang ke-Untirtaan, seperti diantaranya tentang berapa banyak fakultas, jalur masuk penerimaan mahasiswa baru Untirta dan temntang fakultas teknik, yang pada khususnya pada jurusan teknik elektro. Selain itu materi lainnya tentang perbedaan antara mahasiswa dan siswa, pengetahuan dunia perkuliahan.

Masih ditempat yang sama penyuluhan tentang listrik dilakukan oleh dosen Teknik Elektro yakni Dr. Romi Wiryadinata,ST.,Eng. Pemateri menyampaikan tentang instalasi listrik ia menjelaskan mengenai komponen yang ada di instalasi listrik, tentang kendala yang ada di instalasi listrik dan bagaimana kita bisa menjadikan listrik teman dan musuh.

Menurut para pelajar dan penduduk masyarakat desa Dalembala,Pandeglang dengan adanya HME Goes To School dan penyuluhan listrik ini masyarakat bisa lebih mengerti tentang perkuliahan di Untirta dan mengenai kelistrikan itu seperti apa dan berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan kedepannya.

Mengenai kegiatan ini ketua jurusan teknik Elektro Dr. Suprianto menyampaikan semakin berkembangnya teknologi dunia yang meliputi kelistrikan, menuntut pula kepada setiap manusia untuk selalu membutuhkan dan menggunakan listrik. Hal ini juga membuktikan bahwa listrik merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi tabiatnya. Di lihat dari sisi ini, maka sudah seharusnya kita sadar akan pentingnnya listrik dalam kehidupan kita. Pentingnya listrik pada kehidupan pada saat ini membuat kita harus lebih memahami tentang kelistrikan tersebut. Dalam hal mengembangkan pemikiran tentang pentingnya listrik pada kehidupan saat ini. Maka dari itu pentingnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui tentang kelistrikan itu sendiri, baik dalam segi teoritis maupun penerapan praktis. (Herdiansyah W-Humas Untirta)

Berita Terbaru Lainnya