Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Lepas dan Sambut Mahasiswa Program Beasiswa Pendidikan dan Pelatihan Teknisi Industri Kimia

Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melepas mahasiswa angkatan ke-20 dan menyambut mahasiswa baru angkatan ke-21 program beasiswa pendidikan dan pelatihan teknisi industri kimia (P3TIK) di aula pertemuan kampus B kota Cilegon. (17/10/2018)

Lulusan tahun ini merupakan angkatan yang ke-20, sebanyak 61 orang yang terdiri dari 21 orang mahasiswi dan 40 orang mahasiswa telah menyelesaikan studynya dan dinyatakan lulus, 53 orang mendapatkan beasiswa dari 15 perusahaan industri kimia, 3 orang beasiswa dari organisasi alumni P3TIK, 1 orang beasiswa dari ketua program dan 4 orang non beasiswa. Dimulai dari sejak pertama diselenggarakan sampai ke lulusan yang ke-20 total lulusan berjumlah 860 orang.

Untuk mahasiswa baru P3TIK angkatan ke-21 tahun ini berjumlah 102 orang terdiri dari 62 orang mahasiswa dan 40 orang mahasiswi dengan beasiswa dari 15 perusahaan industri kimia sebanyak 57 orang, 38 orang dari pemerintah kabupaten serang, 3 orang dari organisasi alumni P3TIK dan 4 orang non beasiswa.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE., M.Ak, Rektor Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd dan dari unsur pimpinan struktural Untirta, perwakilan pimpinan Muspida kota Cilegon, ketua presidium chemical association manufacture (CMA), para pimpinan perusahaan sponsor/pemberi beasiswa mahasiswa P3TIK dan para orang tua mahasiswa.

kepada lulusan dan mahasiswa baru dilakukan pembekalan materi tentang era revolusi industri 4.0, penyampaian motivasi untuk bisa menjadi sukses pada zaman ini yang memerlukan skill-skill yang mumpuni dan rencana strategis Untirta kedepan, kita di Indonesia dan umumnya dunia sedang mengalami era industri 4.0, salah satu cirinya yaitu otomatisasi diberbagai bidang, untuk menghadapi revolusi ini dan sukses menghadapinya diperlukan berbagai skill diantaranya complex problem solving, critical thinking, creativity, people management, emotional intelegence, judgement and decission making, service orientation, negotiation dan cognitive flexibelity. Provinsi Banten memiliki kawasan industri yang sangat besar dengan jumlah perusahaan yang banyaknya 15000, tetapi lulusan yang terserap di industri sangatlah sedikit meskipun lulusan dari sekolah kejuruan karena banyak lulusan yang tidak mempunyai kompetensi sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan industri, P3TIK ini tujuannya adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia dan pada khususnya Banten, kita didik sesuai dengan kebutuhan di dunia industri sehingga tidak ada gaps kompetensi yang dimiliki lulusan dengan kebutuhan dunia industri, kedepannya Untirta akan fokus menjadi unggul pada bidang keamanan pangan/food security dan pembentukan fakultas kedokteran, mengembangkan pendidikan vokasi lainnya yang ada di Fakultas Ekonomi Bisnis, program studi keperawatan, tutur Rektor.

P3TIK ini merupakan program pendidikan yang setara dengan diploma 1, terselenggara hasil kolaborasi antara pihak industri, pemerintah dan instansi pendidikan. Pada hari ini kegiatannya wisuda ke-20 mahasiswa/i P3TIK FT Untirta yang merupakan kegiatan rutin, program ini pertama kali terselenggara pada tahun 1998 dimana pada waktu itu CMA/AMC membutuhkan tenaga terampil teknisi kimia, kini telah bergabung pemkab serang ikut memberikan beasiswa kepada 38 putra daerahnya dan akan menyusul nanti dari pemerintah kota Cilegon, alhamdulilah lulusan kami 80%-nya terserap di dunia industri khususnya industri kimia, tutur Dr. Fatah Sulaeman, ST., MT selaku pembina P3TIK dan yang menjabat juga sebagai Wakil Rektor bidang akademik Untirta. (Herdiansyah W-Humas Untirta)

Berita Terbaru Lainnya