Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

23 Mahasiwa Untirta berkompetisi di Peksiminas XIV DIY Tahun 2018

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2018 resmi dibuka pada Selasa (16/10/2018).

Seremoni pembukaan Peksiminas 2018 berlangsung dengan cukup meriah.

Acara tersebut bertempat di Lapangan Pancasila UGM, dihadiri oleh seluruh kontingen peserta.

Pada acara tersebut, sebanyak 23 Mahasiswa dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan 4 mahasiswa Universitas Islan Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten (UIN SMH Banten) mengikuti acara ini. Kontingen di pimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dr. H. Suherna, MP dan juga sebagai Ketua BPSMI Provinsi Banten.

Kami mohon doa agar dalam mengikuti event tingkat nasional ini, mahasiswa dapat meraih hasil yang maksimal dan membanggakan Provinsi Banten," ungkapnya.

Wr3

Hadir dalam rombongan kontingen Kabag Akademik, Kemahasiswaan, dan Evaluasi Tubagus Bahtera Rohimudin SE, M.Si, Kasubbag Kemahasiswaan dan Alumni Herry Sandjaya SE., M.Si. Kasubag Humas Fitri Damyati ST., MM dan staf Kemahasiswaan Untirta.

Pada kesempatan ini Tubagus Bahtera Rohimudin mengatakan untuk Peksiminas tahun ini, Provinsi Banten mengirimkan kontingennya dalam 14 tangkai perlomba dari total 16 tangkai lomba yang dipertandingkan.

Mereka akan berkompetisi dalam tangkai lomba Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Fotografi, Nyanyi Pop, Nyanyi Seriosa, Baca Puisi, Vocal Group, Tari, Desain Poster, Komikstrip, Lukis, Nyanyi Keroncong Nyanyi dangdut, dan Monolog, tambah Tubagus Bahtera.

tb

Peksiminas merupakan kegiatan dua tahunan yang berkesinambungan yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti melalui organisasi Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI). Tak lain tujuannya adalah memberikan wadah bagi Mahasiswa dalam meningkatakan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa di bidang kesenian.

dd

Gelaran event kebangsaan mahasiswa di seluruh Indonesia ke-14 ini mengusung tema Merajut Budaya Nusantara.

Dalam sambutanya Ketua Panitia Peskiminas ke-14, mengatakan bahwa Peksiminas yang diselenggarakan oleh ISI YK dilandasi dengan semangat kebersamaan seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Ada sekitar 1400 dari keseluruhan jumlah peserta, pembimbing dan official. Namun untuk peserta Peskiminas yang terjun jumlahnya ada 1008 peserta, terdapat 15 tangkai lomba dan 1 eksibisi dalam ajang Peksiminas ke 14 di Daerah Istimewa Yogyakarta, jelas Ketua Panitia dalam sambutannya

Struktur panitia sendiri diserahkan sepenuhnya kepada Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Sementara pelaksanaan lomba digelar di 8 kampus perguruan tinggi di DIY.

Beliau juga menjelaskan penilaian akan dilakukan oleh tim juri yang berasal dari kalangan akademisi dan profesional di bidang seni.

Mereka nantinya akan menetapkan pemenang satu, dua dan tiga dari setiap Tangkai Lomba.

"Sementara untuk juara umum akan ditentukan oleh Dewan Kehormatan Juri," jelas Ketua Panitia.

ketua

Peresmian Peksiminas 2018 ditandai dengan dipukulnya gong oleh Ketua Umum PP BPSMI Didin Wahidin.

Berita Terbaru Lainnya