Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Kerjasama Lanjutan antara Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan Chonnam National University

Setelah sebelumnya diberitakan pada tanggal 08 Oktober 2018, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menjalin kerjasama luar negeri dengan Sangji University, Untirta kembali menjalin kerjasama lanjutan dengan Chonnam National University (CNU), Korea Selatan. Kerjasama lanjutan ini ditandai dengan penandatanganan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) untuk 5 tahun mendatang. Isi dari MoU tersebut diantaranya tentang online learning, student program, joint research, staff program dan tentang asistance fakultas ilmu kesehatan yang saat ini sedang melanjutkan studi doctoral setelah sebelumnya menyelesaikan program Master di CNU.

Dalam kesempatan kali ini, penandatangan MoU dilakukan langsung oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd dan President CNU Prof. Dr. Byungseok Jeong di Gedung Rektorat CNU, Gwangju, Korea Selatan pada tanggal 11 Oktober 2018. Kegiatan penandatangan perpanjangan MoU ini disaksikan langsung oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Perencanaan Sistem Informasi Prof. Dr. Hj. Kartina, AM., MP, Kepala UPT. Pusat Layanan Internasional Dr. Syafrizal, M.Pd dan Staf UPT. Pusat Layanan Internasional bidang kerjasama internasional dan inbound/outbound program - Miftahul Ilmi, S.S. Sementara itu, dari pihak CNU disaksikan oleh Wakil Presiden CNU, Prof. Eumni Han dan Dekan Hubungan Internasional, Prof. Kiseok Moon.

Mengawali kegiatan, Presiden CNU memberikan sambutan hangatnya kepada delegasi Untirta. Diawali dengan rasa simpati dan duka yang mendalam dari Prof. Dr. Byungseok Jeong terhadap musibah dan bencana alam yang menimpa Palu, Indonesia. Beliau mengutarakan bahwa Indonesia merupakan teman dan mitra Korea Selatan dari dahulu. Selain itu, President CNU menegaskan bahwa hasil yang telah dicapai dalam kerjasama 5 tahun sebelumnya telah banyak memberikan manfaat yang salah satunya yaitu pengiriman mahasiswa Untirta setiap tahunnya untuk dapat studi di CNU. Oleh karena itu, President CNU merasa senang dan terhormat untuk bisa berada dalam kesempatan ini. Diakhir sambutannya, Presiden CNU berharap bahwa kerjasama ini telah berlanjut dan makin berkembang dalam kegiatan-kegiatan lainnya dan menekankan bahwa jika ada sesuatu yang dibutuhkan, CNU akan dengan segenap hati membantu.

Selanjutnya, sambutan disampaikan pula oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd. Rektor Untirta menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati terhadap tragedy yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Rektor Untirta juga merasa senang atas penerimaan yang hangat dari pihak CNU. Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd mengutarakan maksud kedatangannya yaitu untuk melanjutkan MoU yang pernah ditandatangani bersama 5 tahun yang lalu dan mengucapkan rasa syukurnya telah menerima 4 orang mahasiswa kami untuk studi di CNU selama satu semester. Selain 4 orang mahasiswa tersebut, Rektor Untirta juga mengutarakan rasa terima kasih dan bangganya terhadap alumni Untirta dari Jurusan Teknik Metalurgi (Angkatan 2011), Bobby Aditya Darmawan. Bobby pernah mengikuti program short term course di Chonnam National University (CNU) selama 2 bulan. Selanjutnya Bobby menyelesaikan studi S2nya juga di CNU, dan saat ini sedang studi S3/Ph.D di CNU. Sebelum menutup pidato sambutannya, Rektor Untirta juga menyampaikan projek yang sedang berlangsung di Untirta yaitu program IDB Project The New Kampus Sindang Sari. Rektor Untirta mengundang langsung sivitas akademika CNU untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti Internasional Seminar, Riset Konsorsium dan lain sebagainya.

Agenda penandatanganan diakhiri dengan sesi pemberian tanda mata dari kedua Universitas dan dilanjutkan dengan dokumentasi bersama.

Agenda selanjutnya yaitu program monitoring dan evaluasi program pertukaran pelajar antara Untirta dan CNU yang telah berlangsung dan selanjutnya. Dalam kesempatan ini, pihak dari kedua Kantor Urusan Internasional saling berdiskusi intensif terkait beberapa kendala, hambatan, capaian dan tindak lanjutnya. Diskusi intensif ini demi tercapainya kesepakatan bersama dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoA). Pengesahan MoA masih menunggu persetujuan dari konten dari Legal Office masing-masing universitas.

Dalam kesempatan kali ini juga, pihak Untirta mempresentasikan beberapa program International Inbound dan IDB-Project kepada perwakilan dari CNU. Sama halnya dengan Untirta, pihak CNU juga memaparkan beberapa program yang dimilikinya.

Berita Terbaru Lainnya