Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

LP3M Lakukan Asistensi dan Pembahasan Kurikulum 2019 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Pada hari Rabu 10 Oktober 2018 di Ruang Rapat Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untirta dilaksanakan Asistensi dan Pembahasan Kurikulum 2019 FISIP yang akan berlaku mulai Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020. Hadir pada kegiatan tersebut Dekan FISIP Untirta (Dr. Agus Sjafari, S.Sos,. M.Si), Wakil Dekan Bidang Akademik (Rahmawati, S.Sos., M.Si), Ketua LP3M yang diwakili oleh Sekretaris LP3M (Dr Syihabudin, M.Si), Koordinator Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (Maman Fathurrohman, Ph.D), para ketua dan sekretaris Jurusan dan Prodi, serta Ketua GPM FISIP dan perwakilan dosen.

Kegiatan asistensi dan Pembahasan Kurikulum 2019 di Fakultas/Pascasarjana merupakan bagian dari upaya sistematis, massif, dan terstruktur dalam pengembangan Kurikulum 2019 Untirta. Kegiatan tersebut bagian dari implementasi SK Rektor perihal Pengembangan Kurikulum mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, sampai Program Studi. Sekaligus kesepakatan dan rencana tindak lanjut, sebagai hasil Rapat Koordinasi Akademik dan Kurikulum I pada 3 April 2019, Rapat Koordinasi II pada 11 Juli 2019 dan Rapat Koordinasi III pada 30 Juli 2019.

Dekan FISIP dalam sambutannya menekankan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pengembangan kurikulum 2019 yang telah dilaksanakan secara bertahap sejak tahun lalu. Kegiatan ini juga merupakan bentuk sinkronisasi dan komunikasi antara universitas dengan fakultas dan program studi agar pengembangan kurikulum 2019 bisa berjalan dengan baik. Beliau juga menjelaskan beberapa perkembangan dan informasi, termasuk konsultasi perihal program studi ilmu pemerintahan yang telah menetapkan kurikulum pada tahun 2018 untuk kepentingan akreditasi. Sementara itu Sekretaris LP3M mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kesempatan silaturahmi melalui kegiatan asistensi dan pembahasan kurikulum 2019 ini. Termasuk menekankan kembali perihal sinkronisasi antara universitas dan fakultas serta program studi, termasuk dengan menggunakan SK Rektor perihal proporsi mata kuliah universitas, fakultas dan program studi sebagai salah satu dasar panduan.

Sesuai dengan visi dan misi universitas serta dokumen resmi, maka secara umum, lulusan Untirta yang diharapkan adalah lulusan yang berkualitas, terdidik, terlatih, berdaya saing dan berkarakter sesuai kebutuhan stakesholders. Kemudian untuk ditindaklanjuti oleh fakultas dan program studi dalam Visi Misi serta kurikulum terkait. Sesuai penjelasan pimpinan universitas, makna dari berdaya saing untuk tingkat universitas adalah terkait dengan Food Security (Ketahanan Pangan). Penjelasan juga disampaikan perihal perubahan kebijakan universitas, tentang mata kuliah Bahasa inggris yang diarahkan lebih memiliki warna bidang ilmu masing-masing fakultas sehingga lebih sesuai untuk konten dan perkembangan, tidak lagi dalam bentuk Bahasa inggris umum dan dasar dalam bentuk MKU. Sehingga tidak ada penambahan beban SKS karena jumlah SKS Mata Kuliah yang diselenggarakan oleh Universitas melalui Kurikulum 2019 jumlahnya sama pada Kurikulum 2014, bahkan berkurang karena ada rencana penyeragaman jumlah SKS KKM dari 4 SKS menjadi 3 SKS sesuai pembahasan sebelumnya.

Berbagai masukkan dan laporan perihal pelaksanaan MKU dibahas, termasuk dan selain itu 1) berbagai scenario untuk Kuliah Kerja Mahaisiswa (KKM), 2) Dekan FISIP yang akan mengarahkan Bahasa inggris sebagai mata kuliah fakultas karena masih ada slot jumlah SKS proporsi 12,5% untuk Mata Kuliah Fakultas, 3) usulan penggunaan kode FIS bukan FSP untuk mata kuliah FISIP. Lebih lanjut dibahas tentang: 4). Proporsi Mata Kuliah yang diselenggarakan oleh Universitas, Fakultas dan Program Studi, 5). Pembahasan konten dan pelaksanaan Mata Kuliah Studi Kebantenan dan Ketahanan Pangan, 6). Penyelarasan daftar dan jumlah Mata Kuliah, dan 7). Jadwal dan tahapan penetapan kurikulum 2019.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP mengingatkan kembali perihal beberapa hal hasil Rapat Koordinasi I, II, dan III seperti SKPI, format penyeragaman Tugas Akhir, Skripsi, dan Tugas Akhir yang masih dalam progress sekitar 70% atau 80% agar bisa dituntaskan sebelum pembahasan akhir dalam Workshop yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada bulan November 2018. Beberapa kesepakatan telah disepakati, termasuk proses SK Rektor untuk melegalkan Kurikulum FISIP yang khusus diterapkan tahun 2018, dan akan disahkan bersamaan dengan yang lain menjadi Tahun 2019.

Kegiatan juga dilengkapi dengan penyerahan cenderamata buku-buku standar Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA yang diterbitkan oleh LP3M.Diskusi menghasilkan berbagai saran dan masukkan, serta doa agar Kurikulum 2019 Untirta bisa menjadi baik, sukses dan lancar untuk dilaksanakan.

Berita Terbaru Lainnya