Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Kerjasama Luar Negeri Untirta dengan Sangji University

KOREA Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sangji University.

Penandatanganan sendiri langsung dilakukan oleh Rektor Untirta dan Presiden Sangji University bertempat di Sangji University, Wonju, Korea Selatan, Senin (8/10). Dalam kegiatan penandatangan MoU, Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd ditemani oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Perencanaan Sistem Informasi Prof. Dr. Hj. Kartina, AM., MP, Kepala UPT. Pusat Layanan Internasional Dr. Syafrizal, M.Pd dan Staf UPT. Pusat Layanan Internasional bidang kerjasama internasional dan inbound/outbound program - Miftahul Ilmi, S.S.

Sementara itu, Presiden Sangji University Prof. Dr. Dae Hwa Chung beserta jajarannya dari Dekan-dekan hingga Professor di lingkungan Sangji University, hingga Kepala Urusan Internasional Sangji University.

Pertemuan diawali dengan sambutan penerimaan oleh Presiden Sangji University, Prof. Dr. Dae Hwa Chung, yang menyampaikan beberapa kata sambutan dalam Bahasa Korea yang selanjutnya diterjemahkan oleh mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Sangji University. Prof. Dr. Dae Hwa Chung menekankan betapa pentingnya menjalin kerjasama dengan universitas di Indonesia karena hal ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa, staf dan dosen di masing-masing universitas. Kerjasama yang akan terjalin nantinya diharapkan dapat langsung diimplemantasikan ke dalam berbagai kegiatan salah satunya pertukaran pelajar dan peningkatan kualitas penelitian. Tidak lupa, Prof. Dr. Dae Hwa Chung juga menyampaikan duka citanya terhadap musibah yang sedang menimpa Indonesia.

Selanjutnya, sambutan disampaikan pula oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd. Pertama-tama Rektor Untirta menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan yang hangat dari Sangji University dan lebih spesifik lagi terima kasih disampaikan kepada Prof. Yong Chan SEO yang bersama UPT. PLI Untirta telah mempersiapkan agenda kegiatan ini. Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat juga menyampaikan awal permulaan perkenalan Untirta dengan Sangji University melalui kunjungan Prof. Yong Chan SEO. Pada intinya, Rektor Untirta menegaskan bahwa kerjasama dengan Sangji University ini merupakan kerjasamanya yang penting untuk mendukung program 4-in-1 The New Campus Sindang Sari dimana Sangji University dapat menjadi mitra yang baik bagi pengembangan laboratorium dan start up bisnis yang ada untuk dapat diterapkan di Untirta suatu saat nanti. Disamping itu, Rektor Untirta juga berharap dengan adanya MoU ini, sebagai bagian dari menjawab tantangan dunia Pendidikan di era revolusi industry 4.0, bentuk pengajaran daring dan blended learning dapat diaplikasikan.

Agenda selanjutnya yaitu, presentasi dari kedua Universitas. Presentasi Untirta diawali oleh Kepala UPT. PLI yang menerangkan sekilas tentang Untirta. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai proyek 4-in-1 The New Campus Sindang Sari oleh Wakil Rektor IV dan terakhir presentasi mengenai International Inbound Program yang ada di Untirta oleh staf UPT. PLI. Untirta mengajak seluruh sivitas akademika Sangji University untuk studi, penelitian ataupun memberikan kuliah umum di Untirta. Sementara itu, presentasi mengenai Sangji University disampaikan oleh Staf Urusan Internasional Sangji University, Ms. Evelyn.

Berlanjut pada acara inti yaitu penandatangan MoU antara Untirta dan Sangji University disaksikan beberapa tamu undangan dan diikuti dengan pemberian simbolis cinderamata dari kedua universitas. Agenda hari itu dilanjutkan dengan makan siang bersama dan campus tour. Dalam campus tour ini, rombongan diajak berkeliling mengunjungi start up bisnis yang ada di dalam kampus Sangji utamanya yang berkaitan dengan Food Security, diantaranya start up makanan organik, obat-obatan herbal dan kosmetik.

Tepat jam 17.00, agenda kegiatan pada hari Senin 08 Oktober 2018 berakhir. Selanjutnya rombongan Untirta akan menuju Gwangju yang akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam untuk menuju Chonnam National University (CNU) guna melakukan penandantangan ulang MoU. Disamping itu, diagendakan pula diskusi Memorandum of Agreement (MoA) mengenai kelanjutan program pertukaran mahasiswa dengan CNU. Hal ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang akan juga dilakukan berupa monitoring evaluasi kegiatan pertukaran pelajar yang selama ini sudah berjalan dan tahun ini sedang berjalan.

Berita Terbaru Lainnya