Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

HIMAPI Faperta Untirta ikuti Jambore Bahari 2018, HIMPIKANI Wilayah II

HIMAPIKANI (himpunan mahasiswa perikanan Indonesia) wilayah II merupakan wadah mahasiswa perikanan yang berada di wilayah Jawa barat, DKI Jakarta, dan Banten yang terdiri dari berbagai kampus seperti, UNTIRTA banten, USNI Jakarta, STP Jakarta, UNIDA Bogor, IPB Bogor, UMMI Sukabumi, UNPAD Bandung, dan UNTAG Cirebon. Dalam tugas HIMAPIKANI wilayah II melakukan program kerja yaitu Jambore Bahari dengan tema Beraksi untuk Bahari Peduli agar tetap Lestari dalam kegiatan nya HIMAPIKANI wilayah II melakukan aksi nyata untuk meningkatkan kualitas sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Aksi nyata yang harapan nya dapat meningkatkan kualitas SDM di pulau tunda yaitu, environmental class yang berisi kegiatan belajar dan bermain bersama anak-anak di pulau tunda dengan rangkaian kegiatan mengajarkan anak-anak tentang lingkungan hidup yang ada di pulau tunda seperti ekosistem mangrove, lamun, dan terumbu karang. Lalu di lanjut dengan mengajarkan anak-anak cara menyemai propagul mangrove serta belajar bersama membahas tentang bagaiman pentingnya ekosistem laut seperti lamun, mangrove dan terumbu karang. Kegiatan environmental class juga terangkai kegiatan penyuluhan kepada ibu-ibu di pulau tunda tentang pemberdayaan limbah plastik, dengan tujuan, masyarakat dapat menjadikan sampah pelastik menjadi barang yang memiliki nilai jual dan meningkatkan ekonomi kreatif yang ada di Pulau Tunda. Harapan nya rangkaian kegiatan tersebut dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan serta masyarakat juga mendapatkan manfaat dari kepedulian nya terhadap lingkungan.

Ungkap ketua gerakan Indonesia bersih yaitu TB.Rismunandar bahwa pentingnya menjaga kelestarian wilayah pesisir dengan adanya peran pemuda dalam kegiatan tersebut dalam rilisnya.

Pihak BUMN Perum Perikanan indonesia Aris Widodo Manager PKBL, menambahkan bahwa kegiatan seperti jambore bahari seharusnya menjadi sebuah tolak ukur kedapan agar mahsiswa tetap konsisten dalam menjaga lingkungan seperti penanaman mangrove, coastal care dan sebagai di ucapnya dalam kegiatan tersebut.

Usaha yang dilakukan HIMAPIKANI wilayah II dalam kegiatan Jambore Bahari 2018 untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup serta meningkatkan potensi SDA yang berkelanjutan yaitu dengan kegiatan coastal care yang berisi kegiatan bersih-bersih pantai, penanaman pohon mangrove, penanaman pohon cemara pantai, dan transplantasi terumbu karang. Harapan nya rangkaian kegiatan tersebut dapat memberikan dampak lestari pada ekosistem lingkungan di Pulau Tunda

Dalam kegiatan ini juga terlibat beberapa instansi yang berkerjasama, seperti Kementrian kordinator bidang kemaritiman RI, Dinas kelautan dan perikanan provinsi Banten dan kementrian kelautan dan perikanan RI. Tidak mau kalah juga beberapa pihak sponsor yang terlibat dalam kegiatan Jambore Bahari 2018 yaitu Bank mandiri dan Perum Perikanan Indonesia. Semoga partisipasi dari beberapa instansi yang terlibat juga dapat bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat pulau tunda.

Kegiatan Jambore Bahari 2018 diikuti oleh 70 peserta dari masing-masing LKP HIMAPIKANI wilayah II, beberapa tamu undangan serta instansi pemerintahan, dan masyarakat Pulau Tunda 50 orang terlibat di dalam kegiatan Jambore Bahari 2018.

Berita Terbaru Lainnya