Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Prodi Teknik Elektro Selenggarakan Semnas Industrial Process Safety and Disaster Management

Program studi (Prodi) teknik elektro Fakultas Teknik dan ikatan keluarga alumni teknik elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan kegiatan seminar nasional industrial process safety and disaster management di Gedung CoE Petrokimia Fakultas Teknik kampus Cilegon (07/08/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh para tamu undangan, Dekan Teknik, BPBD Cilegon dan Provinsi, Bappeda Cilegon, pesertanya merupakan dari kalangan dosen, mahasiswa, para pegawai pabrik yang bekerja dibidang safety dan lain sebagainya. Adapun pematerinya menghadirkan Dr. Romi Wiryadinata dari Untirta, Ir. Rasmi Widyani, MA dari BPBD kota Cilegon, Lir Barliana, MT dari konsultan proses safety dan Ahmad Bujiyoko, ST dari praktisi industri.

Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh oleh Dr. H. Fatah Sulaeman, ST., MT selaku Wakil Rektor bidang akademik Untirta, pada acara pembukaan beliau menyampaikan kegiatan seminar nasional ini merupakan salah satu contoh kegiatan yang positif, harus diagendakan tiap tahun dan jika diperlukan bisa dianggarkan pada DIPA Untirta, beliau dalam penerimaan mahasiswa baru program studi terfavorit nomor satu adalah Teknik Industri yang disusul setelahnya oleh Teknik Elektro, jadi kegiatan ini yang merupakan inisiatif dari Prodi teknik elektro sangat diapresiasi, pada kesempatan itu juga beliau memohon doa restu kepada hadirin agar Untirta mendapat kelancaran dalam membangun kampus barunya di Sindangsari Kab Serang, beliau lebih detailnya menerangkan rencana strategis lembaganya, yakni di kampus baru akan disertai juga dengan lab terpadu dari berbagai disiplin ilmu yang memungkinkan adanya laboratorium penanggulangan bencana. Pada akhir katanya beliau berharap kegiatan seminar ini dapat berjalan dengan baik.

Dr. Supriyanto, ST., MT selaku Ketua Prodi teknik elektro menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan atas inisiatif dari mahasiswa/i teknik elektro dan ikatan keluarga alumni teknik elektro Untirta, adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk merajut hubungan dengan kalangan internal maupun eksternal termasuk dengan kalangan industri, kegiatan ini juga untuk menunjang visi prodi yang menjadi yang unggul di tahun 2020, beliau menyampaikan salah satu upaya mewujudkan visinya selain menyelenggarakan seminar ilmiah, juga terus mengadakan lab baru yang diataranya laboratorium electrical integrated research di Prodinya, beliau menyampaikan perasaan syukurnya lulusan teknik elektro Untirta mudah mendapatkan pekerjaan dan banyak yang terserap di dunia industri, pada akhir katanya beliau menyampaikan terima kasih banyak kepada para tamu Undangan dan peserta yang hadir, dengan support dari berbagai pihak dapat mendorong mahasiswa/i-nya untuk berkarya lebih baik lagi.

Pada saat pemaparan materi Dr. Romi Wiryadinata menyampaikan tentang simulasi efek tsunami megathrust terhadap industri di Pesisir Pantai Banten, Ir. Rasmi Widyani, MA menyampaikan tentang kebijakan strategis pemerintah dalam penangulangan bencana besar di daerah, Lir Barliana, MT menyampaikan tentang Hydrocarbon Plant Fire Explosion Analysis dan Ahmad Bujiyoko, ST menyampaikan tentang peran proses safety risk barrier dalam management untuk mencegah major incident serta dimoderatori oleh Andri Kapuji Kaharian, MT., IPM. Setelah pemaparan materi, karena keterbatasan waktu dibuka beberapa termin untuk memberikan kesempatan kepada peserta seminar untuk bertanya kepada pemateri, setelah tanya jawab tersedia juga sesi diskusi dengan permasalahan yang telah ditentukan. Sampai berakhirnya acara kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. (Herdiansyah W-Humas Untirta)

Berita Terbaru Lainnya