Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Untirta Persentasikan Prototipe Sultan Wind Turbin

Serang,( 7/8/2018) Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Untirta mempersentasikan Sultan Wind Turbin atau kincir angin dihadapan Rektor Untirta yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan Dr. H. Suherna, M.Si , dalam persentasi ini dosen teknik mesin Selamet Wigono, ST., MT, Dosen Teknik Mesin Erwin, ST., MT dan mahasiswa teknik mesin Dina Bihaqqi, Sakti Nurfuadi digedung Rektorat.

Erwin, ST., MT dalam persentasi menerangkan inisiasi untuk membangun turbin ini berasal dari para dosen di Teknik Mesin yang ingin mengembangkan satu energi baru terbarukan yang bisa menghasilkan energy angin yang potensinya ada diBanten dan Cilegon, kita mengembangkan turbin angin ini ditahun 2012 yang kita bikin sekarang 4,5 jadi jadi stiap prototype yang baru ada perbaikan. Beliau menyampaikan kedatangannya kesini dalam rangka memperkenalkan ke pihak Universitas kita mengembangkan ini. Kemudian untuk pendaftaran Paten untuk selanjutnya SNI nya itu mendapatkan dukungan dari Universitas , produk ini bukan produk pribadi, ini kita hasilkan di Untirta jadi produk ini adalah milik Untirta. Maka kami berharap ada dukungan dari pihak Universitas untuk didaftarkan. Beliau berharap kita punya workshop untuk bisa membangun ini, sehingga standar kita jaga kita akan sosialisasikan nanti saat pameran di Provinsi Banten kita akan siapkan turbin anginnya untuk bisa dipamerkan. Kami berharap Suport dari lembaga tentang penelitian ini, agar bisa terwujud satu produk yang bisa diunggulkan yang muncul dari Untirta.

Dr. H. Suherna, SP., M.Si menerangkan pertemuan ini sangat baik sehingga kami melihat kreatifitas Teknologi yang dipersentasikan oleh prodi teknik mesin fakultas teknik Untirta. Ketika pembuatan turbin ini Sultan Wind Turbin ini aplikasi kepada mahasiswanya ini itu apa, apa sesuai dengan praktikum kurikulum yang disepakati di mesin, nah ini juga bagian keunggulan Teknik Mesin bahwa ada salah satu rekayasa atau kreatif mahasiswa dan dosen bisa membuat turbin. Beliau mengapresiasi kegiatan prodi Teknik mesin fakultas Teknik Untirta semoga bisa berjalan kegiatannya, nanti saya sampaikan hasil persentasinya kepada pimpinan. ( Anas-Humas)

Berita Terbaru Lainnya