Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Pengarahan Teknis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018 dan Persiapan Penyusunan Anggaran Tahun 2019

Serang, (16/3/2018) Bidang Perencanaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan kegiatan Pengarahan teknis pelaksanaan anggaran tahun 2018 dan persiapan penyusunan anggaran tahun 2019 di Ruang Rapat Rektorat dengan menghadirkan Kepala Biro Perencanaan Kemenristekdikti Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, MT., MPA, Kasubag Perencanaan Program dan Anggaran I Bagian Perencanaan Program dan Anggaran, Biro Perencanaan, Kemenristekdikti, Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd, Wakil Rektor II Kurnia Nugraha, ST., MT, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Perencanaan Prof. Dr. Ir. Kartina., AM., MP, Kabiro BAKP, Para Ketua Lembaga, Direktur Pasca sarjana, tim IDB, Para Dekan , Para Wakil Dekan , Para Kabag dan Kasubag.

Wakil Rektor II Kurnia Nugraha, ST., MT memimpin acara tersebut melaporkan sebagai informasi saat ini kami sedang menyiapkan sistem informasi terintegrasi salah satunya masuk dalam sistem perencanaan, sekarang kami masih bersifat manual untuk perencanaan nanti kami kedepan akan menggunakan sistem terintegrasi secara online sehingga nanti antara perencanaan dan implementasi bisa sesuai, kemudian juga terkait dengan revisi-revisi tahun kemarin masih sampai revisi delapan, kami bersifat dinamis dan tahun kemarin banyak yang baru jadi kemauan gedung, ada pembelian tanah jadi itu memang sangat dinamis. Kami atas nama Untirta mengucapkan terimakasih karena kemarin kita dapat tambahan pagu dari perencanaan dari Kepala Biro dan Pak Hadi B O K K naik jadi luar biasa terimakasih atas kesempatan pada kami.

Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd dalam sambutannya mengatakan kita mendapatkan kesempatan menghadirkan Kepala Biro Perencanaan untuk bersama-sama belajar , bahwa penerimaan anggaran dari rupiah murni atau APBN ada peningkatan seiring dengan penambahan prodi yang terbaru kita mendapatkan satu prodi Teknologi Pangan dengan S2 Pertanian juga memang sekarang ini kita sedang bersemangat unit kerja, fakultas dan Pasca Sarjana bagaimana meningkatkan waktu itu dengan ditandai dengan peningkatan status Akreditasi, sebagai tolak ukur mutu penyelengaraan program studi kita. Karena itu teman-teman sepakat untuk bagaimana memanfaatkan anggaran itu diorientasikan dengan out put dan out cam yang benar-benar memberikan dampak terhadap penguatan , dan salah satu visi kita bersama menunjukan Untirta yang maju bermutu dan berdaya saing serta berkarakter oleh karena itu mudah-mudahan anggaran pendapatan dan belanja Universitas baik yang dari rupiah murni maupun PNBP, PNBP bukan hanya UKT dan SPP tetapi bentuk lain untuk kerjasama pemanfaatan asset, pemanfaatan kekayaan intelektual yang dimiliki oleh dosen-dosen kita yang juga bisa memberikan pendapatan secara finansial karena kita sebagai perguruan tinggi negeri. Kami mengucapkan terimakasih kepada Kabiro atas perhatian kepada Untirta dan kami terus berpacu dengan waktu terutama merespon kebijakan Kemeristekdikti baik menyangkut masalah mutu maupun akses peningkatan APK. Dalam perencanaan dan anggaran ini kita berpedoman kepada prinsip-prinsip yang telah disepakati baik dari kementerian maupun kita yaitu bagaimana melaksanakan dalam tata kelola dengan baik semua perencanaan itu harus berbasis data. Diakhir sambutan beliau mengatakan tugas kewajiban kita mengawali ini agar mutu pendidikan kita daya saing pendidikan kita akan terus meningkat.

Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, MT., MPA menerangkan bagaimana strategi perencanaan, strategi penyusunan segi pelaksanaan program kegiatan anggaran untuk Untirta, Strategi yang disampaikan itu menurut beliau harapannya nanti ke depan dari aspek perencanaan, penyusunan pelaksanaan itu akan lebih baik untuk tahun mendatang, selain itu peningkatan kinerja yang harus kita lakukan kita perhatikan pertama kali adalah apa kinerja yang ingin dicapai Untirta, lalu dengan kinerja itu kemudian dipetakan kegiatan-kegiatan apa yang mendukung kemudian anggarannya juga mendukung kegiatan dalam rangka mencapai kinerja tersebut. Kemudian Untirta membagikan ketiap fakultas apa kontribusinya terhadap pencapaian kinerja ditingkat Rektor dibagi lagi kebawah ke prodi semua sivitas yang ada di Untirtaitu bisa mendukung kinerja institusi itu nanti yang ditunjukan sebagai prestasi oleh bapak Rektor ke Kemenristekdikti. ( Anas-Humas)

Berita Terbaru Lainnya