Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

International Office Untirta Selenggarakan Workshop Pendamping Mahasiswa Asing

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Layanan Internasional (PLI) / International Office (IO) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan workshop pendamping mahasiswa asing di Puri Kayana Kota Serang (15/03/18).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 14 sampai dengan 15 maret 2018, dibuka secara resmi oleh Rektor Untirta yang diwakili oleh Prof. Dr. Kartina AM, MP selaku Wakil Rektor bidang kerjasama, perencanaan dan sistem informasi, pada acara pembukaan beliau menerangkan sejarah IO Untirta pertama kali berdiri, serta tugas pokok dan fungsinya yang beberapa diantaranya adalah mempromosikan untirta di dunia internasional baik melalui kegiatan-kegiatan positif maupun website dan bermitra dengan IO perguruan tinggi negeri lainnya. Beliau menjelaskan kepada para calon student buddy bahwa mereka akan melakukan pendampingan mahasiswa asing dengan suka cita dan bersifat sukarela, tetapi nanti akan didapat banyak ilmu dan pengalaman, beliau berpesan jika sudah nanti bertugas untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, menitik beratkan pada pengenalan budaya Indonesia khususnya budaya lokal Banten dan untuk menjaga etika. Pada acara pembukaan dihadiri juga oleh Dr. Aan Asphianto, SH., MH selaku Dekan Fakultas Hukum yang merupakan perwakilan para Dekan di lingkungan Untirta.

Dr. Syafrizal, M.Pd selaku Kepala UPT PLI / IO Untirta menyampaikan workshop pendamping mahasiswa asing / student buddy dilatar belakangi oleh akan kedatangan mahasiswa/i asing untuk belajar di Untirta, yang pendanaannya bersumber dari hibah Dharma Siswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Beliau menuturkan pada workshop ini diikuti oleh 30 para calon student buddy yang merupakan hasil seleksi dan berasal dari Fakultas yang ada di Untirta, mereka akan dibekali dengan ilmu yang bermanfaat guna menunjang tugasnya nanti pada saat mendampingi mahasiswa/i asing, adapun menurutnya kemungkinan mahasiswa/i asing tersebut banyak yang berasal dari negara Eropa, akan diberikan akomodasi dan living alowance, akan ditempatkan di program studi Bahasa Indonesia dan Seni, Drama, Tari dan Musik (Sendratasik) serta akan belajar selama 2 semester di Untirta.

Pada hari pertama para peserta Workshop dibekali materi dari para pemateri yang diantaranya adalah R Alpha Amirachman, Ph.D yang merupakan staff khusus Mendikbud bidang monitoring implemantasi dan kebijakan, Amanda dan Arif yang merupakan perwakilan IO Universitas Indonesia (UI). Pada saat pemaparan materi para pemateri menyampaikan beberapa materi penting beberapa diantaranya tentang kebijakan dharma siswa Kemendikbud, data negara-negara yang mengirimkan mahasiswa/i-nya ke Indonesia untuk ikut program dharma siswa, pengenalan IO UI dan tupoksinya, pengalaman dalam menjalankan program dharma siswa, pengenalan tentang studen buddy dan keuntungannya, cara teknis dalam melaksanakan tugas student buddy yang baik, contoh permasalahan dan cara penyelesaiannya yang pernah dihadapi dan lain sebagainya.

Pada hari kedua para peserta Workshop melakukan leaderless discussion grup (ldg) tentang budaya Indonesia khususnya budaya Banten disertai dengan penilaian oleh Panitia. Adapun aspek yang dinilainya adalah sebagai berikut kemampuan berbahasa inggris yang baik dan benar, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan menghargai pendapat teman, serta wawasan tentang budaya Indonesia dan Banten. Workshop ditutup dengan sesi poto bersama. (Herdiansyah W-Humas)

Berita Terbaru Lainnya