Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

IP Fisip Selenggarakan Kuliah Umum

Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan (IP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) selenggarakan kuliah umum tentang Institusionalisasi Parpol di Ruang Auditorium Gedung B Kampus Pakupatan Serang (12/03/18).

Menurut keterangan dari Rizki Gozali selaku Ketua pelaksana kegiatan, yang menjabat juga sebagai Kepala Laboratorium IP FISIP Untirta menyampaikan bahwa kuliah umum semacam ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Prodi IP setiap awal smester. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa/i IP FISIP untuk mendapatkan penjelasan dan pengetahuan dari para pakar yang berkompeten, mengenai pemilihan tema Institusionalisasi Parpol karena wacana ini sangat relevan dengan fakta politik yang melanda Indonesia saat ini. Partai politik memiliki peran strategis dalm landskap politik di Indonesia, seluruh kebijakan pemerintah tidak bisa lepas keputusan partai yang duduk di parlemen baik pusat maupun di daerah. Namun peran vital partai politik belum diimbangi oleh pelembagaan partai secara utuh benar. Dengan latar kondisi demikian, maka perlu penjelasan-penjelasan akademik untuk menjawab fenomena partai yang belum terlembaga, terutama dalam menyambut Pemilu 2019. kuliah umum diikuti oleh 200 peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa/i Prodi IP FISIP Untirta.

Adapun pematerinya adalah Dr. Firman Noor, MA yang merupakan juga peneliti dari Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI) dengan tema Institusionalisasi Parpol dalam rangka menyambut PEMILU 2019. Pada saat pemaparan materi beliau menyampaikan beberapa hal penting diantaranya perspektif dan definisi kelembagaan, aspek dan dimensi kelembagaan, arti penting kelembagaan, pelembagaan dalam konteks sistem politik, PEMILU 2019, kondisi partai secara umum, problematika menjelang pemilu 2019, dampak di waktu yang akan datang, serta di sela-sela kuliah umum dilakukan penandatanganan kerjasama antara Prodi IP FISIP Untirta dengan P2P LIPI. (Herdi-Humas)

Berita Terbaru Lainnya