Fasilitas Mendukung, UTBK Gelombang II Pusat UTBK Untirta Berjalan Lancar

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 127/ UN43.8/HM.00.06 /2023

 

SERANG – Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) Gelombang II hari pertama, Senin (22/5) di Pusat UTBK Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) berjalan dengan lancar. Ujian yang terbagi ke dalam dua sesi ini diikuti oleh sebanyak 1.168 peserta di lima kampus Untirta, yakni Kampus Pakupatan, Sindangsari, Kepandean, Ciwaru, dan Cilegon.

“Setelah UTBK Gelombang I berjalan sukses, di hari pertama Gelombang II saya lihat ada persiapan yang lebih baik, sehingga semuanya berjalan lancar. Calon mahasiswa juga menikmati fasilitas dan sistem IT dalam mengerjakan soal-soal dengan tenang. Mudah-mudahan semuanya berjalan sukses hingga UTBK Gelombang II selesai,” tutur Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST, MT usai melakukan monitoring di Kampus Untirta Sindangsari.

Sama halnya dengan Kampus Sindangsari, suasana pelaksanaan UTBK di Kampus Untirta Ciwaru berdasarkan pantauan ProfDr. Eng A. Ali Alhamidi, S.T., M.T berjalan dengan lancar dan memenuhi standard. “Saya kira cukup kondusif ya. Tadi saya lihat secara langsung, semuanya sudah memenuhi standard,” ungkapnya.

Ali berharap UTBK Gelombang II di Pusat UTBK Untirta dapat terlaksana dengan baik hingga hari terakhir tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecurangan yang marak terjadi di sejumlah Pusat UTBK. Ia pun berharap pelaksanaan UTBK selanjutnya dapat dilaksanakan di satu gedung yang sama untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta maupun panitia UTBK.

“Tentunya Untirta akan selalu meningkatkan sarana dan prasarana. Akan lebih baik memang jika ujian ini bisa disatukan dalam satu gedung yang besar, sehingga koordinasinya akan lebih optimal,” pungkasnya.

Kendati seluruh perangkat komputer dan jaringan tidak mengalami kendala, salah seorang peserta UTBK-SNBT di Pusat UTBK Untirta Kampus Sindangsari sempat tidak sadarkan diri di tengah-tengah pelaksanaan ujian. Calon mahasiswi yang tertunduk di mejanya tersebut akhirnya dipapah oleh tim medis Untirta yang bersiaga di lokasi ujian untuk menerima pertolongan pertama. Setelah dipastikan dalam kondisi baik, peserta dipersilakan kembali ke ruangan untuk melanjutkan ujian tanpa penambahan waktu.

Sri Indyani, tenaga medis Untirta mengimbau peserta UTBK agar mempersiapkan fisik dan mental sebelum pelaksanaan ujian, yakni dengan istirahat yang cukup, makan dan minum sebelum berangkat ke lokasi ujian, serta menenangkan diri.

“Untuk mengantisipasi kejadian yang terjadi pagi ini, yaitu adanya peserta yang mengalami lemas dan mual, kami imbau untuk sebelum berangkat disempatkan sarapan, minum minuman hangat seperti teh manis, dan persiapkan fisik. Pada malam hari, jangan lupa istirahat yang cukup dan lebih awal, serta jangan stress,” pesannya. (SAC/ AAP/ VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737