Humas Untirta Terima Materi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2023 dari BPPP SNPMB

Diposting pada

Bandung-Tim sosialisasi dan promosi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengikuti sosialisasi transformasi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2023 dari BPPP dan tim persiapan SNPMB bertempat di hotel Mercure Bandung dengan UPI Bandung sebagai tuan rumah, Rabu (7/12/2022).

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2023 terbagi menjadi 3 jalur, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.

Rahmawati selaku kepala UPT BPPP mengatakan bahwa yang melandasi proses transformasi penerimaan mahasiswa baru adalah Assessment Drives Behavior. PMB tentang memprediksi mencari calon mahasiswa yang terbaik.

Semangat menyiapkan generasi emas Indonesia. Tidak cuma pintar, tapi mahasiswa Indonesia diharapkan harus menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, berfikir kritis, mampu menyelesaikan masalah. Selain itu bagaimana menggunakan device, komunikasi dan kolaborasi, serta mampu berwirausaha.

Bekti Sekretaris Eksekutif SNPMB menyampaikan bahwa tes skolastik saja pernah dilakukan di penerimaan tahun 2020. SNBP minimum 20%, SNBT minimum 40%, Mandiri Maksimum 30%, PTN Badan Hukum SNBT minimum 30% dan Seleksi mandiri maksimum 50%, PTN Akademik, PTN Vokasi, PTKIN, 76 PTN.

Kemudian peserta harus registrasi akun, bukan daftar akun. Buat akun baru, baik sekolah ataupun siswa. Registrasi Akun dapat dilakukan di SNPMB di Portal SNPMB: portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Untuk persyaratan dikembalikan lagi kepada Perguruan tingginya bersangkutan. Lalu SNBP dilihat dari ranking dan index sekolah. Pihak sekolah pun harus cek di BAN SN Akreditasinya seperti apa untuk memastikan keabsahannya. Penugasan khusus untuk membuat akun sekolah. Tidak boleh ada tes PTN setelah akhir Juli dan memuat perjanjian.

Sementara Humas diharapkan menyampaikan bahwa pemilihan prodi harus Merdeka tetapi tetap bertanggung jawab. SNBT untuk registrasi membayar Rp200.000,- dengan  alokasi waktu SNBT 195 menit. Peserta harus login kembali untuk download kartu peserta.

Untuk info lebih lengkap SNPMB 2023 bisa diakses ke Snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan jika ada pertanyaan lewat Halo SNPMB. Kemudian KIP kuliah yang sudah terdaftar di Kemendikbudristek tidak bisa daftar ke PTKIN.(AAP/VDF)