Raih Pendanaan Pembinaan Wirausaha, Mahasiswa Untirta Hadiri Kewirausahaan Mahasiwa Indonesia (KMI) Expo 2022

Diposting pada

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menjadi salah satu kampus yang berpartisipasi dalam kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo ke-13 yang tahun ini diadakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya sebagai wadah inisiasi entrepreneur muda di Indonesia. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 20-26 November 2022 ini diikuti oleh 290 PTN dan PTS dari 34 provinsi di Indonesia dengan melibatkan kelompok usaha mahasiswa yang telah lulus seleksi secara nasional.

Tahun ini Untirta berhasil meraih 5 pendanaan pada Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM). Kelompok usaha yang mendapatkan pendanaan, yakni Banten Biologi Farm, Biopapercraft, Pocarlan, dan Bengkel Sepatu Serang, serta 1 kelompok IWDM yakni Cerdafa. Pencapaian luar biasa ini meninggalkan jejak pembuktian bahwa kampus Untirta mampu bersaing dengan kampus besar lainnya dalam pendanaan di P2MW dan IWDM. Dari kelima kelompok usaha tersebut, dua kelompok, yakni Banten Biologi Farm (Anzel, Rani, Gina, Rizka, dan Ayu)  dan Cerdafa (Gigih, Iqbal, Reza, dan Della) dengan dosen pembimbing Pipit Marianingsih dan Didik Ariwibowo dinyatakan lolos membawa bendera Untirta ke kancah nasional untuk dapat berpartisipasi pada KMI Expo 2022.

KMI Expo merupakan rangkaian dari kegiatan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) yang bermuara pada kegiatan KMI Expo. Kelompok mahasiswa yang mendapatkan dana P2MW ataupun IWDM telah diseleksi secara ketat oleh reviewer nasional. Hanya kelompok usaha tertentu yang layak sesuai kriteria yang mendapatkan pendanaan. Mahasiswa yang mendapatkan pendanaan diberikan waktu selama 6 bulan untuk menjalan ide bisnis yang telah ditawarkan. Setelah itu, mahasiswa yang layak dan memiliki pengembangan bisnis yang baik setelah didanai akan diseleksi untuk mengikuti KMI Expo.

Rangkaian kegiatan KMI Expo terdiri atas boothcamp yang dilaksanakan pada tanggal 22-26 November 2022 di Lapangan Bozem, UPN Veteran Jawa Timur, lalu dilanjutkan dengan Seminar Kewirausahaan, Bussines Matching bagi P2MW dan IWDM, Seminar ISEN (Internasional Student Entrepreneur), seminar untuk dosen pendamping, dan juga sarasehan pendamping kewirausahaan, serta diakhiri dengan awarding atau penganugerahan bagi para peserta terbaik.

Kegiatan KMI Expo didukung penuh oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kemahasiswaan Universitas. Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Kemahasiswaan, Veri Sidik Priadi, S.E., M.M. bersama dengan tim kemahasiswaan, yakni Nuryadi, Rahmat Dwi, Muhamad Satria, dan Abdul Rohman selaku pengelola kemahasiswaan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak PKM Center, Mahrawi dan Unit Bisnis Untirta. Abdul Fatah dan Akbar Gunawan. (SAC/ AAP/ VDF)