Kewirausahaan Mahasiwa Indonesia Expo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di UPN Veteran Jawa Timur

Diposting pada

Jawa Timur.- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) merupakan salah satu kampus yang berpartisipasi dalam kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo yang ke-13. Pada tahun ini KMI Expo diadakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 20-26 November 2022 diikuti oleh 290 PTN dan PTS di 34 Provinsi. KMI Expo merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan untuk menjadi wadah inisiasi entrepreneur muda di Indonesia. Mahasiswa yang terlibat di KMI Expo adalah kelompok usaha mahasiswa yang telah lulus seleksi secara nasional. KMI Expo merupakan rangkaian dari kegiatan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) yang bermuara pada kegiatan KMI Expo. Kelompok mahasiswa yang mendapatkan dana P2MW ataupun IWDM telah diseleksi secara ketat oleh reviewer nasional. Hanya kelompok usaha tertentu yang layak sesuai kriteria yang mendapatkan pendanaan. Mahasiswa yang mendapatkan pendanaan diberikan waktu selama 6 bulan untuk menjalan ide bisnis yang telah ditawarkan. Setelah itu mahasiswa yang layak dan memiliki pengembangan bisnis yang baik setelah didanai, akan diseleksi untuk mengikuti KMI Expo.

 TIM KMI Expo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pencapaian prestasi pada tahun ini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa meraih 5 pendanaan pada Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM). Kelompok usaha yang mendapatkan pendanaan yakni: Banten Biologi Farm, Biopapercraft, Pocarlan, dan Bengkel Sepatu Serang, serta 1 kelompok IWDM

yakni Cerdafa. Pencapaian luar biasa ini memberikan suatu jejak pencapaian bahwa kampus Untirta mampu bersaing dengan kampus besar lainnya dalam pendanaan di P2MW dan IWDM. Dari ke lima kelompok usaha tersebut hanya 2 yang lolos ke nasional yakni Banteng Biology Farm dan Cerdafa membawa Bendera Untirta di kancah Nasional.

Kegiatan Devile Oleh Mahasiswa Untirta

Kegiatan KMI Expo didukung penuh oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kemahasiswaan Universitas. Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Kemahasiswaan (Bapak Veri Sidik Priadi, S.E., M.M.) bersama dengan tim kemahasiswaan (Nuryadi, Rahmat Dwi, Muhamad Satria, Abdul Rohman) selaku pengelola kemahasiswaan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak PKM Center (Mahrawi) dan Unit Bisnis Untirta (Abdul Fatah dan Akbar Gunawan). Dua kelompok mahasiswa yang ikut pada KMI Expo di UPN Veteran Jawa Timur adalah kelompok Banten Biologi Farm (Anzel, Rani, Gina, Rizka, dan Ayu)  dan Cerdafa (Gigih, Iqbal, Reza, dan Della), dengan dosen pembimbing Pipit Marianingsih dan Didik Ariwibowo.

 

 

 

 

 

 

 

A                                                                                 B

Boothcamp Cerdafa (A) dan Banten Biolgy Farm (B)

Rangkaian kegiatan pada KMI Expo adalah kegiatan Boothcamp yang di laksanakan pada tanggal 22-26 November 2022 di Lapangan Bozem, UPN Veteran Jawa Timur. Dalam rangkaian kegiatan KMI Expo juga ada kegiatan lainnya seperti Seminar Kewirausahaan, Bussines Matching bagi P2MW dan IWDM, Seminar ISEN (Internasional Student Entrepreneur), Seminar untuk Dosen Pendamping, dan juga Sarasehan Pemimpin PT. Kegiatan ini akan diakhiri dengan Awarding dan Penutupan dengan kegiatan pemberian hadiah dan anugerah bagi para peserta terbaik yang diadakan pada tanggal 26 November 2022.

Seminar Kewirausahaan KMI Expo ke-13