Prodi S1 Akuntansi, D3 Akuntansi dan D3 Perpajakan Dukung UMKM di Kecamatan Kasemen

Diposting pada

Serang- Dalam rangka dies natalis ke-41 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Dosen-dosen program studi S1 Akuntansi, D3 Akuntansi dan D3 Perpajakan, FEB, Untirta melangsungkan pengabdian kepada masyarakat bersama Kecamatan Kasemen bertema ‘Literasi Keuangan bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)’, Kamis (27/10/2022), di Kecamatan Kasemen, Kota Serang – Prov. Banten. Kegiatan ini merupakan inisiatif dosen-dosen dalam  mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dalam mendukung UMKM. Pembiayan dari kegiatan pengabdian mandiri ini pertama-tama berasal dari swadaya dosen-dosen prodi S1 Akuntansi, D3 Akuntansi dan D3 Perpajakan, dan juga partisipasi dari  Tax Center Untirta serta program studi S1 Akuntansi.

Menurut Dekan FEB Untirta, Dr. H. Akhmadi.,SE., MM, “diera society menuju 4.0 dan 5.0 pentig untuk mengedukasi literasi keuangan berbasis teknologi digital, yang akan memudahkan UMKM dalam membuat laporan keuangannya. Selain itu perlu dibarengi dengan edukasi dalam bidang perpajakan, untuk mendukung program pemerintah, meningkatkan kesadaran pajak dilingkungan umkm,” ujarnya.

Camat Kasemen yang diwakili oleh Sekmat bapak Rachmatullah.,S.Sos.,M.Si., “mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan pengabdian kepada masyarakat mandiri dan inisiatif dari dosen-dosen Akuntansi FEB untuk membantu UMKM dalam hal keuangan dan perpajakan.”jelasnya.

Ibu Yeni Januarsi., SE.,Ak., M.Sc.,CA.,Ph.D,., turut berterima kasih kepada Kecamatan Kasemen, FEB Untirta dan rekan-rekan dosen yang bergabung dalam kegiatan ini, TAX Center Untirta dan Program Studi S1 Akuntansi, FEB Untirta.

“Kegiatan ini dapat berkontribusi dalam pengembangan UMKM di wilayah kecamatan kasemen. Pengembangan ini dapat berbentuk meningkatnya literasi keuangan  bagi pelaku UMKM untuk dapat membuat laporan keuangan sederhana dengan menggunakan aplikasi “akuntansi UMKM”. Pelaku  UMKM juga sangat antusias ketika mendapatkan penjelasan tentang perpajakan UMKM, menandakan bahwa para pelaku UMKM memerlukan informasi tentang perpajakan untuk usahanya. Kegiatan ini juga diharapkan akan menjadi kegiatan yang berkelanjutan sebagai upaya kontribusi dosen dosen akuntansi untuk meningkatkan pemahaman keuangan usaha pelaku UMKM sekaligus meningkatkan kesejahteraan hidup mereka melalui pemahamanan literasi keuangan dan perpajakan.” katanya.

Acara ini dihadiri oleh UMKM  dari 10 kelurahan yang berada diwilayah Kecamatan Kasemen, narasumber serta dosen-dosen program studi S1 Akuntansi, D3 Akuntansi dan D3 Perpajakan, FEB, Untirta, yang melakukan pendampingan dalam kegiatan tersebut.

UMKM dengan penuh semangat mendengarkan dan berinteraktif dengan materi-materi yang dipaparkan oleh narasumber. Narasumber pertama tentang pelaporan keuangan akuntansi UMKM dengan menggunakan aplikasi “akuntansi UMKM” oleh : Dr. Windu Mulyasari.,SE.,Ak.,M.Si dan Ibu Kurniasih Dwi Astuti.,SE.,Ak.,M.Akt. Narasumber ke dua oleh ibu Ayu  Noorida Soerono.,Se.,M.Si.,Ak tentang perpajakan bagi UMKM. (YenMo)