Tanda Bakti dan Syukur, Sivitas Akademika Untirta Ziarah ke Makam Sultan Ageng Tirtayasa

Diposting pada

Serang — Sultan Ageng Tirtayasa merupakan Sultan Banten ke-6 (1651-1683) yang membawa Kerajaan Banten menuju puncak masa kejayaannya. Oleh karena itu, sebagai kampus yang menyematkan namanya dan meneladani sosok beliau, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan ziarah kubur ke makam Sultan Ageng Tirtayasa dengan mengirimkan doa dan mengenang jasa-jasa beliau semenjak memimpin Kesultanan Banten, di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Kamis (29/9/2022). Kegiatan ini juga merupakan rangkaian Dies Natalis ke-41 Untirta.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., menyambut haru dan rasa syukur atas pelaksanaan ziarah ini. “Tentu saja Insya Allah kita hadir hari ini sebagai tanda bakti cucu-cicit dari Sultan Ageng Tirtayasa,” ucapnya.

Menurutnya, Sultan Ageng Tirtayasa juga dikenal sebagai pahlawan yang gigih terhadap banyaknya perlawanan dari Belanda. “Semenjak kepemimpinan di Kesultanan Banten melakukan perlawanan terhadap penjajahan, membangun irigasi persawahan, kemudian namanya diabadikan menjadi nama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, tempat kita mengabdikan ilmu, tenaga, dan pikiran (untuk) mendidik anak-anak bangsa yang sekarang tersebar di seluruh penjuru dunia,” tambah Fatah.

Atas perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa, merupakan sebuah sikap teladan bagi generasi penerusnya untuk diterapkan pada kehidupan. “Mudah-mudahan diluruskan kembali niat seluruh sivitas akademika Untirta. Bismillah kita lurus saja (atas dinamika yang terjadi) semuanya, kita punya itikad baik untuk punya niat bersama-sama membangun Untirta sebagai bagian dari amanah Sultan Ageng Tirtayasa, cucu-cicitnya untuk mendarmabaktikan dan menjadi bagian dari amal jariyah yang terus mengalir yang akan kita bangun oleh generasi Sultan Ageng Tirtayasa berikutnya,” tutupnya.

Selain itu, rangkaian pelaksanaan ziarah kubur ini juga diselipkan dengan berbagi makanan kepada masyarakat untuk membentuk tali silaturahmi dan saling peduli antar sesama.

Hadir juga dalam pelaksanaan ziarah ini, Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum,Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas, H. Kurnia Nugraha, S.T., M.T., Ketua LPPM, Ketua Biro BAKP & BUKK, para dekan, dosen, koordinator dan subkoordinator, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Untirta, serta para elemen masyarakat setempat.(DAN/HI/AAP/VDF)