KKM Tematik Untirta Kelompok 95 Tanam 260 Bibit Pohon di Desa Karyabuana Pandeglang

Diposting pada

Serang-Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga pelestarian lingkungan adalah dengan menanam pohon. Menanam pohon memiliki segudang manfaat, di antaranya sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan ekosistem, sebagai pencegahan terjadinya erosi tanah yang dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir. Maka dari itu, mahasiswa KKM Tematik Untirta Kelompok 95 dibawah arahan dosen pembimbing lapangan (DPL) Isna Rafianti, M.Pd. melakukan penanaman pohon yang dilakukan pada Jumat, (12/8/2022), di Desa Karyabuana, Kecamatan Cigelis, Kabupaten Pandeglang. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKM Tematik Untirta Kelompok 95 yang diharapkan dapat memberikan banyak manfaat yang akan dirasakan oleh warga setempat. Adapun jumlah bibit pohon yang diberikan sebanyak 260 batang, di antaranya 100 bibit pohon albasiah, 150 bibit pohon pulai, 5 bibit pohon mangga, dan 5 bibit pohon rambutan.

Acara penanaman bibit ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Karyabuana Rohana serta dihadiri oleh perwakilan dari BPD, ketua RW dan ketua RT beserta warga Desa Karyabuana lainnya. Penanaman bibit ini dilakukan di sebuah kebun milik warga sebagai bentuk simbolis untuk kegiatan penanaman bibit yang dilakukan oleh KKM Tematik Untirta Kelompok 95 yang selanjutnya bibit pohon ini akan di berikan ke ketua RW dan RT yang nantinya akan dibagikan kepada warganya masing-masing.

Kegiatan penanaman bibit ini disambut sangat meriah oleh warga setempat. Sejalan dengan hal itu, Rohana pun sangat merasa senang dengan adanya pembagian bibit yang akan banyak memberikan manfaat bagi desanya ini, salah satunya untuk mengatasi masalah kekurangan daya serap air pada beberapa wilayah di Desa Karyabuana dan tentunya untuk mengurangi terjadinya erosi pada tanah di Desa Karyabuana yang termasuk dataran tinggi.

“Kegiatan penanaman bibit ini sangat baik karena dapat membantu warga desa Karyabuana. Mudah-mudahan ke depannya desa Karyabuana atas bantuan rekan-rekan mahasiswa ini dapat lebih baik,” ungkap Rohana.

“Besar harapan kami dengan adanya kegiatan ini pelestarian lingkungan di Desa Karyabuana dapat terjaga dengan baik dan nantinya akan memberikan dampak yang besar dan bermanfaat bagi warga desa Karyabuana, Kecamatan Cigelis, Kabupaten Pandeglang.

“Semoga ke depannya kegiatan penghijauan di Desa Karyabuana ini terus berjalan dan terus berkembang, agar menjadikan desa Karyabuana ini sebagai desa yang peduli akan pelestarian lingkungan dan menjaga keindahan alam,” harapnya.(KKM95/HI/AAP/VDF)