DWP Untirta Belajar Berdayasaing dari Agrianita IPB

Diposting pada

Bogor – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Untirta mendapatkan kesempatan berkunjung ke Agrianata IPB di Kampus IPB bertempat di ruang rapat rektorat gedung Andi Hakim Dramaga Bogor pada hari Senin, 26 Juli 2022. Agrianita IPB merupakan organisasi wanita di lingkungan IPB. Ketua Agrianata IPB, Neno Arif Satria menyambut langsung kunjungan DWP Untirta yang diketuai oleh Dra. Omah Rahmawati Fatah selaku Ketua DWP Untirta. Sebelum memulai diskusi Ketua Agrianita IPB memperkenalkan pengurus Agrianita IPB kepada jajaran DWP Untirta.

Membuka diskusi Neno mengatakan semangat Agrianita IPB ini luar biasa tidak hanya memajukan dan memberdayakan peranan wanita, tapi juga berperan aktif bagi kemajuan sivitas akademika. Setiap Agrianita di fakultas dan unit lainnya telah memiliki program rutin dan terencana. Menurutnya Agrianita di Fakultas harus menjadi fondasi untuk berdaya dan bangga dengan kegiatan-kegiatan di fakultas. Kegiatan di IPB sangat rutin. Di pusat maupun fakultas dalam sebulan bisa 15 kali event dengan tema yang sudah ditentukan. Seperti Healty Mom untuk kesehatan, olahraga komestik dan kegiatan rohani jadwal dan tema sudah ditentukan. Memiliki buletin khusus mendokumentasikan sepak terjang Agrianita tiap bulannya.

Kegiatan Sosial Agrianita pada akhirnya sangat mendukung dan bermanfaat bagi warga sekitar tak hanya sivitas dan keluarga besar IPB namun masyarakat ikut merasakan peran dari Agrianita IPB . Inisiasi mengumpulkan koin-koin    dari uang receh, sumbangan semula hanya dari pengurus Agrianita menjadi besar karena semua orang ingin berpartisipasi menyumbangkan koin-koin tersebut untuk kegiatan sosial dan rohani. Tak ketinggalan mahasiswa pun ikut telibat karena dari koin tersebut juga untuk makan mahasiswa di asrama juga dapat membantu masyarakat terdapat desa lingkar kampus yang mendapatkan bantuan untuk stunting secara insentif membimbing masyarakat dengan begitu orang tua dan anak pun terpantau rutin. Tak hanya itu Agrianita juga concern terhadap balita dan lansia untuk mendapatkan pendampingan dari pengurus Agrianita, pelajar dan mahasiswa ikut terjun ke masyarakat. Selain itu Agrianita IPB peduli lingkungan, masing-masing fakults memiliki kebun dan memanfaatkan lahan yang tidak terurus sehingga kebunnya menghasilkan setiap kali panen dijual hasil kebunnya, dibikin olahan .

Omah Rahmawati Fatah mengucapkan rasa terima kasih dan hormatnya telah diberikan kesempatan berkunjung sekaligus mendapatkan banyak ilmu yang begitu banyak didapatkan dari Agrianita IPB, yang telah menjamu dan mengajak serta pengurus DWP Untirta tour keliling kampus dengan mengelilingi kebun-kebun yang menjadi binaan Agrianita sangat menghasilkan income dan bermanfaat untuk semuanya.
Dengan kagum Rohmah dan tim akan mengadopsi program-program Agrianita yang banyak membawa manfaat keberkahan tak hanya bagi IPB juga pada alam sekitar yang turut dilestarikan dan menghasilkan kekayaan alam dengan kearifan lokal yang dipertahankan ( VDF)