Antusiasme Peserta SMMPTN Barat 2022 Tetap Tinggi di Hari Keenam UTBK

Diposting pada

Serang – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri di wilayah Barat (SMMPTN Barat) Tahun 2022 masih berlangsung dalam satu sesi di dua lokasi Kampus Untirta, yakni Pakupatan dan Cilegon pada Selasa, (5/07/2022). Hingga akhir pelaksanaan ujian, Dr. Aan Asphianto, S.Si.,SH.,MH selaku Direktur Pascasarjana Untirta yang bertugas melakukan monitoring dan evaluasi tidak menjumpai kendala apapun, baik dari segi infrastruktur maupun proses pelaksanaan. Dari 75 peserta yang dijadwalkan mengikuti ujian di Kampus Pakupatan, tercatat 65 orang hadir. “Menurut saya secara keseluruhan sukses dan sangat baik, dilihat dari ketepatan waktu hingga kehadiran peserta dan pengawas ujian. Ruangan cukup memadai dan representatif dari segi kenyamanan dan keamanan.” Terangnya.

Dekan FKIP Untirta Dr. Dase Erwin Juansah, M.Pd. mengaku antusiasme terhadap pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat tahun 2022 tidak hanya ditunjukan oleh para peserta, tetapi juga orang tua peserta yang turut mendampingi putra-putrinya. “Antusiasme peserta dan orang tua terlihat dan dibuktikan dengan tingginya kehadiran orang tua yang mengantarkan tes.” Ujarnya. Hal ini tidak mengherankan sebab SMMPTN Barat merupakan jalur seleksi terakhir masuk perguruan tinggi negeri di wilayah barat untuk jenjang S1. “Seyogyanya para calon mahasiswa memperlihatkan kompetensinya dan membuktikan mereka layak menjadi mahasiswa di PTN.” Lanjutnya.

Keterbatasan kuota menjadikan kompetisi di jalur ini semakin ketat. Oleh karena itu, Aan mengingatkan para peserta untuk tidak berkecil hati apabila belum dinyatakan melalui jalur seleksi ini. Dengan keberadaan perguruan tinggi swasta yang tak kalah berkualitas, Dekan Fakultas Teknik Untirta, Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPM pun mendorong peserta untuk membuka diri pada kesempatan-kesempatan lain. “Janganlah menyerah dan patah semangat. Masih banyak kesempatan di jalur berikut dan juga tahun depan. Teruslah mencoba.” Imbaunya. (SAC/ AAP/ VDF)