Akhiri Rangkaian Seleksi, Untirta Akan Ajukan 3 Kandidat Calon Kepala BAKP ke KASN

Diposting pada

Serang – Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II A untuk jabatan Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Untirta telah sampai pada tahap terakhir, yakni presentasi makalah dan wawancara bersama Panitia Seleksi (Pansel) pada Selasa, (28/6/2022) di Auditorium Student Center, Kampus Untirta Sindangsari. Sebelumnya, peserta telah mengikuti tes asesmen yang melibatkan Untirta Conceling Center (UCC) pada Jumat (24/6/2022).

Tiga kandidat terbaik dari lima peserta, yaitu Aedy Nurachman, S.E., M.M; Agustiar H, S.Ag., M.A.; Mamet Prawirasetiawan, S.Pd., M.M.Pd.; Sutji Ati, S.Pt., M.M.; dan Tubagus Bahtera Rohimudin, S.E., M.Si akan dipilih dan direkomendasikan oleh Pansel kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) melalui aplikasi SIJAPTI (Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi). “Besok sudah diumumkan 3 besar calon Kepala BAKP yang akan kita ajukan ke Kementerian dan KASN.” Terang Tati Rahmawati, S.E, M.M selaku Subkoordinator Standarisasi, Evaluasi, dan Pembinaan Pegawai Untirta.

Selanjutnya, KASN akan menetapkan satu orang untuk dilantik sebagai Kepala BAKP Untirta. “Akan diambil 3 besar untuk diserahkan ke Kementerian dan KASN. Lalu, kita menunggu dari 3 besar ini siapa yang berhak mendapat jabatan ini. InshaAllah mungkin dalam 1 atau 2 bulan sudah keluar rekomendasi dari KASN untuk menetapkan salah satu dari 3 besar itu.” Jelas Kepala BUKK, Deden Hery Hermawan, SE, MM selaku Ketua Panitia Seleksi.

Kepanitiaan seleksi ini terbagi menjadi panitia kesekretariatan, panitia seleksi, dan asessor. “Kesekretariatan diketuai oleh Kepala BUKK, Pak Deden dan dari Kepegawaian, Hukum, dan Tata Laksana sebagai anggotanya.” Ujar Tati.

Adapun anggota pansel terdiri dari 2 orang pihak internal Untirta, yakni Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST, MT dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas, H. Kurnia Nugraha, ST., MT. serta 3 orang pihak eksternal yang direkomendasikan oleh Komite Aparatur Sipil Negara (KASN), yakni Kepala Biro UIN Maulana Hasanudin, Dr. H. Bazari Syam, M.Pd; Kepala BKPSDM Kota Serang, H. Ritadi, S.Sos, M.Si; dan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Drs. H. M. Ishak Abdul Rauf, M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Tati berharap melalui seleksi ini terpilih Kepala BAKP yang mampu menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai Kepala BAKP, mendukung visi dan misi rektor, mengarahkan untuk mencapai IKU, serta membuat Untirta lebih baik dan maju.

Senada dengan Tati, Deden berharap sosok Kepala BAKP yang terpilih mampu mendorong Untirta ke arah yang lebih baik. “Kita berharap terpilih satu yang terbaik dari 5 orang yang terbaik. Mudah-mudahan biro ini akan punya nahkoda baru yang dapat memimpin, membawa perubahan, dan memberikan motivasi kepada staf untuk berkinerja lebih baik lagi.” (SAC/ AAP/ VDF)