Lima Peserta Seleksi Kepala BAKP Untirta Ikuti Tes Asesmen

Diposting pada

Serang-Berdasarkan hasil seleksi administrasi yang ditetapkan panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II.a Untirta didasarkan untuk mengisi kekosongan Pimpinan di Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP), Bidang Kepegawaian Untirta kembali melanjutkan tahapan seleksi. Tahapan seleksi tersebut yakni tes asesmen yang dilaksanakan di Auditorium Student Center, Kampus Untirta, Sindangsari, kabupaten Serang, Jumat (24/6/2022).

Seleksi asesmen ini diikuti oleh lima peserta yang seluruhnya dari Untirta di antaranya: Aedy Nurachman, S.E., M.M., Agustiar H, S.Ag., M.A., Mamet Prawirasetiawan, S.Pd., M.M.Pd., Sutji Ati, S.Pt., M.M., dan Tubagus Bahtera Rohimudin, S.E., M.Si.

Subkoordinator Standardisasi Evaluasi dan Pembinaan Pegawai pada Biro Umum Keuangan dan Kepagawaian (BUKK) Untirta, Hj. Tati Rahmawati, S.E. M.M., mengatakan, lima peserta ini adalah yang memenuhi syarat administrasi dan syarat syarat lainnya,  syarat adminstrasi meliputi kepangkatan, daftar riwayat hidup, kualifikasi pendidikan, sudah mempunyai latar belakang eselon III dan IV berpengalaman pada bidangnya minimal lima tahun, telah mengikuti diklat fungsional dan diklat teknis, dan lain-lain. Syarat-syarat lainnya meliputi:  tes kesehatan, tidak ada afiliasi pada partai politik manapun, rekomendasi dari pimpinan,  dan lain-lain, seperti terdapat dalam pengumuman seleksi terbuka.

“Pada tes asesmen ini kita melibatkan Untirta Conceling Center (UCC) dan alur seleksi disesuaikan dengan tes asesmen untuk eselon II. Tahapan seleksi ini sudah mendapat rekomendasi KASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019. Kemudian setelah tes asesmen, seleksi selanjutnya sesi presentasi makalah dan wawancara akhir,” katanya.

Anggota panitia seleksi terdiri dari intern Untirta sebanyak 40 persen dan 60 persen dan instansi terkait dari luar Untirta. Anggota Panitia seleksi dari Untirta terdiri dari Rektor dan Wakil Rektor 2 sedangkan Pansel dari luar instansi Untirta ada 3 terdiri dari Kepala Biro UIN Maulana Hasanudin, kepala BKPSDM Kota Serang dan Kepala BKPSDM Kabupaten Serang

 “Tahapan akhir seleksi yaitu presentasi makalah dan wawancara, pada tahap ini Pansel akan menetapkan tiga peserta dari lima peserta yang mengikuti seleksi terbuka. Tiga  besar tersebut yang akan direkomendasikan oleh Pansel nantinya akan disampaikan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN), Kemudian kita menunggu siapa yang berhak untuk menjabat berdasarkan rekomendasi dari KASN yang akan disampaikan ke Kemdikbud dan Untirta, setelah itu baru dilakukan pelantikan. Sebagaimana terdapat dalan jadwal pada akhir Juni sudah selesai tahapan seleksinya.  Perlu diketahui bahwa tahapan seleksi terbuka ini dilaporkan ke KASN melalui Aplikasi SIJAPTI (Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi),” ujarnya.

Ia berharap, semoga dalam prosesnya berjalan lancar dan yang terpilih dapat memberikan berkontirbusi untuk kemajuan Untirta, dan menjalankan tugas untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi misi Untirta.

Sementara itu, Kepala BUKK sekaligus ketua pelaksana kegiatan Deden Heri Hermawan S.E., M.M., bersyukur tahapan seleksi ini berjalan dengan lancar dan tim pun menurutnya akan terus berusaha teliti dan maksimal pada pelaksanaannya sampai akhir. Sebab, ia mengatakan, dalam memilih dan menyeleksi seorang pemimpin harus dilakukan dengan sebaik-baiknya demi kemaslahatan organisasi.

“Setelah tahapan asesmen ini akan dilanjutkan dengan test wawancara oleh Timsel yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Juni 2022, untuk diambil tiga besar dan diusulkan ke Biro SDM Kemendikbudristek. Semoga berjalan dengan lancar. Amin,” katanya.(HI/AAP/VDF)