Untirta Gandeng UPM dan AeU Malaysia untuk Wujudkan Akselerasi Internasionalisasi

Diposting pada

Malaysia – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) semakin gencar merealisasikan agenda internasionalisasi melalui keikutsertaannya dalam acara “South East Asia University MoU Program” yang diselenggarakan oleh Universiti Putra Malaysia (UPM) pada Kamis dan Jum’at, 9-10 Juni 2022 di Selangor, Malaysia dalam rangka menjalin komunikasi dan kerja sama antara Untirta dengan kampus-kampus di Malaysia, terutama UPM. Melalui kegiatan ini, Untirta berhasil menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Letter of Intent (LOI) dengan UPM dan Asia e University (AeU) Malaysia.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untirta, Dr. H. Akhmadi, S.E., M.M. yang hadir mewakili Untirta mengungkapkan bahwa partisipasi Untirta sebagai salah satu perguruan tinggi negeri Indonesia menunjukkan pergerakannya dalam agenda internasionalisasi. “Kampus-kampus di Malaysia adalah bagian dari target penting agenda kerja sama internasional Untirta.” Ujarnya.

Kegiatan yang turut melibatkan Universitas Andalas, IAIN Kudus, IAIN Salatiga, dan Asia e University Malaysia ini diiringi dengan kunjungan ke Malaysian Startup Incubation Magic Cyberjaya dalam rangka penjajakan magang startup dan kunjungan kerja sama ke Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur.

Ketua PLI Untirta, Dr. Udi Samanhudi, Ph.D menilai kegiatan ini mampu membuka peluang bagi Untirta untuk menjalin kerja sama dengan kampus-kampus lain, baik di Asia maupun belahan dunia lainnya. “Kegiatan ini sangat potensial untuk Untirta mengakselerasi agenda internasionalisasi dengan lebih banyak melakukan kegiatan sharing dan networking, baik di regional Asia maupun di wilayah-wilayah lain di dunia. Melalui kegiatan semacam ini, Untirta memiliki kesempatan lebih banyak untuk mempresentasikan agenda dan target international partnership untirta pada delegasi dari kampus-kampus lain yang hadir.” Terang Udi.

Pada program mini conference yang menjadi bagian dari rangkaian acara, Udi memaparkan sejumlah potensi kerja sama yang dapat dilaksanakan oleh Untirta dan UPM, antara lain program pertukaran pelajar (student mobility program) dan kelas internasional di FEB yang melibatkan dosen dari UPM sebagai tim pengajar. “Beberapa jenis kegiatan yang akan ditindaklanjuti dengan pihak UPM antara lain International Student Mobility Program dimana mahasiswa program S1 dan S2 FEB akan melakukan program belajar singkat di UPM.” Jelas Udi. Tak hanya itu, Untirta bersama UPM pun akan menjajaki joint supervision program S1 dan S2 serta joint publication antara mahasiswa dan dosen dari kedua universitas.

Turut hadir mewakili Untirta, yakni Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Indra Suhendra, S.E., M.Si; Kaprodi Perbankan dan Keuangan FEB, Gerry Ganika, S.E., M.Sc.; dan Kaprodi Magister Ekonomi Pembangunan, Cep Jandi Anwar, Ph.D. (SAC/ AAP/ VDF)