Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia, Untirta Bersama BCA dan DLHK Provinsi Banten Tanam 3.000 Pohon di Kampus Sindangsari

Diposting pada

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) terpilih sebagai lokasi penanaman 3.000 pohon yang didonasikan oleh BCA pada Rabu, (8/6/2022) di Kampus Untirta Sindangsari dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 BCA sekaligus Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh bersamaan pada tanggal 5 Juni 2022. Selain memiliki banyak lahan potensial, Untirta terpilih karena dianggap serius dan peduli terhadap pelestarian lingkungan melalui langkah-langkah konkret yang mengesankan, seperti pembangunan dan penataan infrastruktur kampus berkonsep smart & green building, pengolahan limbah dan daur ulang, pemanfaatan rooftop solar panel, hingga pembentukan Smart and Green Community yang melibatkan mahasiswa sebagai relawan di bidang teknologi dan lingkungan hidup.

“Pemanasan global sudah tidak terelakkan. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Untirta selaku universitas bisa menjadi contoh yang terdepan. Saya sangat kagum dan terpesona dengan visi dan misi Untirta yang sudah direalisasikan dan bisa kita lihat. 5 tahun ke depan Untirta pasti menjadi rujukan tentang bagaimana orang berkarya dan menata kehidupan.” Sanjung Fely Hadinata, Kepala Kantor BCA Wilayah XII – Wisma Asia. “Kita berharap penanaman pohon ini memberikan dampak terhadap lingkungan.” Harapnya.

Untirta menerima donasi pohon kayu dan pohon buah terbanyak di antara area lainnya, yakni 17% dari total pohon hasil konversi jarak tempuh peserta Walk for Tree yang diadakan oleh BCA sebelumnya. Bibit pohon tersebut diserahkan secara simbolis oleh Fely Hadinata, Kepala Kantor BCA Wilayah XII – Wisma Asia kepada Rektor Untirta di Ruang Convention Hall Kampus Untirta Sindangsari. Tak hanya itu, Untirta turut menerima 50 karung pupuk dan peralatan tanam berupa cangkul, alat siram, ember, gayung, koret, dan sarung tangan plastik yang diserahkan secara langsung kepada Duta Smart & Green Campus Untirta 2021, Alfian Fajri Nasrulloh.

Sejumlah pohon yang diterima langsung ditanam di Taman Kampus Untirta Sindangsari pada hari yang sama oleh Rektor bersama dengan Kepala Kantor BCA Wilayah XII – Wisma Asia, Fely Hadinata dan Kepala BCA KCU Serang, Budiman Sugianto. Puluhan mahasiswa Untirta yang tergabung dalam Smart & Green Community pun turut berpartisipasi dalam penanaman pohon.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST, MT amat antusias dengan penanaman pohon di lingkungan kampus Untirta yang dinilai sejalan dengan visi Untirta. “Atas nama sivitas akademika Untirta, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada BCA dengan agenda penanaman 3.000 pohon di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.” Ungkapnya. “Ini merupakan kolaborasi yang kuat untuk mendukung visi Untirta sebagai kampus yang terintegrasi smart dan green yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing di tingkat ASEAN Tahun 2030. Sekaligus kita menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, satu bumi untuk masa depan kita semua. Terima kasih BCA!” Tuturnya di tengah aktivitas penanaman pohon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten, Wawan Gunawan, S.Sos, M.Si yang hadir untuk membuka acara mengungkapkan bahwa semula ribuan pohon ini direncanakan ditanam di wilayah perkotaan. Namun, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten lantas menyadari potensi Untirta dalam memelihara dan merawat pepohonan, terlebih dengan kepemilikan lahan kosong yang luas dan komitmen Untirta dalam pelestarian lingkungan.

“Saya mengucapkan apresiasi kepada BCA dan Untirta yang sudah berkolaborasi menjaga lingkungan. Mudah-mudahan adik-adik mahasiswa ke depan bisa memanfaatkan lahan yang ada di kampus ini untuk project-project selanjutnya.” Wawan berpesan.

Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Serang diwakili oleh Luthfi; Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si; Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas, H. Kurnia Nugraha, ST., MT.; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni, Dr. H. Suherna, SP., M.Si; Kepala Pendung Operasi Wilayah XII – Wisma Asia, Mesra Lindawati; Kepala Urusan Logistik Wilayah XII – Wisma Asia, Tjhauw Hoa; Kepala Urusan Logistik Wilayah VIII – Pondok Indah, Handy Gunawan; ketua lembaga, para dekan, kepala UPT, kabiro, Koordinator Kelompok JF Bidang Kerjasama dan Humas, Veronika Dian Faradisa, S.E, M.M.; dan Sub Koordinator Kelompok JF Humas dan Protokol, Adhitya Angga Pratama, S.I.Kom. (SAC/ AAP/ VDF)