Kemendikbudristek Tingkatkan Program MBKM melalui Rapat Koordinasi Kehumasan

Diposting pada

Jakarta-Kemeneterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI melalui Biro Kerja Sama dan Humas melangsungkan rapat koordinasi kehumasan secara daring, Senin s.d Selasa (28-29 /3/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh 377 lembaga di lingkungan Kemendikbudristek ini bertujuan guna mempererat membangun sinergitas dan kolaborasi antarunit kerja di lingkungan Kemendikbudristek terutama terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Turut hadir Koordinator Kerjasama dan Humas Untirta, Veronika Dian Faradisa, dan Subkoor Humas Adhtya Angga Pratama dan diikuti Humas di lingkungan Kemdikbudristek.

Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Anang Ristanto, S.E., M.A., mengatakan, sebagai humas, terutama humas di lingkungan kampus agar selalu memberikan kinerja berita yang efektif, tepat, akurat dan bisa diketahui oleh masyarakat luas.

“Hal ini berkaitan dengan instruksi dari Pak Presiden tahun 2008 terkait tentang UU No 14 Keterbukaan Informasi Publik,” tuturnya.

“Kita sadari program dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah itu berpotensi menimbulkan pro dan kontra di masyarakat, dan juga terjadinya respons yang tidak konstruktif ataupun mispersepsi. Maka humas di lingkungan Kemendikbudristek perlu menjalin koordinasi agar selaras sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” tambahnya.

Ia menuturkan, dalam menjalankan program, saat ini informasi tidak hanya satu atau dua arah melainkan dari berbagai arah.

Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media, Kemdikbudristek Muhamad Heikal, S.Ip., MPC., pada kesempatan yang sama “Turut apresiatif kepada seluruh rekan humas yang ada di lingkungan Kemendikbudristek. Kemudian untuk meningkatkan citra Kemendikbudristek di UPT maupun PTN harus memerhatikan indikator kepuasan kinerja pemangku kepentingan dengan meminimalisir aduan dari masyarakat. Komunikasi publik yang baik adalah kerja bersama,” tuturnya.

Kegiatan rakor kehumasan ini membuat poin-poin penting atas saran dan masukan juga berbagai catatan penting yang direkomemdasikan berbagai satker di lingkungan Kemdikbudristek. Acara Rakor ditutup oleh Sekjen Kemdikbudristek Ir. Suharti, M.A., Ph.D.

Dalam pidato penutup Suharti mengapresiasi langkah pertemuan ini diharapkan bisa dilakukan secara rutin. Komunikasi antar unit perlu dijaga tidak hanya dengan media namun dengan semua lapisan, humas diminta pro aktif dan terus belajar bahu membahu membangun komunikasi strategis. (HI/APA/VDF)