Optimis Akreditasi Institusi menjadi Unggul, Untirta Adakan Kegiatan Penyelarasan Data PDDIKTI AIPT BAN PT

Diposting pada

Serang, Pelaksanaan Kegiatan Penyelarasan Data PDDIKTI untuk Pemantauan AIPT BAN PT oleh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, pada hari Rabu, 2 Maret 2022 di Ruang Multimedia, Gd. Rektorart Lt.1 Untirta Sindangsari. Acara dilaksanakan secara Hybrid (offline dan online) dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. Fatah Sulaiman, S.T. M.T, Para Wakil Rektor, Para Ketua Lembaga, Para Dekan dan Direktur Pascasarjana, Para Ka. Biro, Ketua dan Anggota Tim PDDIKTI Untirta. Hadir pula via Zoomet (online) Para Wakil Dekan 1 dan Wadir 1 Pascasarjana, Para Ketua Jurusan atau Prodi, Para Ketua GPM. Dihadirkan sebagai narasumber Penyelarasan Data PD DIKTI Prof. Ir. Ari Purbayanto, M.S.C & Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D.

Ketua Mutu BKS PTN Wilayah Barat Forum Penjamin Dr. Syihabudin, M.Si dalam sambutan menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Ketua Dewan eksekutif Prof. Ir. Ari Purbayanto, M.S.C dan seluruh undangan offline atau daring (hibryde). Kemudian kami sebagai Forum Penjamin Mutu BKS PTN Wilayah Barat adalah berfungsi sebagai media komunikasi, bertukar  informasi dan berbagi praktik baik mediator antara perguruan tinggi dan pemerintah pusat yaitu Untirta dan BAN PT. Dan sebagai Ketua Forum Penjamin  Mutu BKS PTN berharap kedepan ”BAN PT Untirta yang terakreditasi A menjadi unggul, dan begitu juga Prodi-prodi Untirta yang terakreditasi B menjadi unggul”.

Dengan adanya acara ini pergunakanlah dengan berdiskusi dan dapat menggali lebih dalam makna akreditasi perguruan tinggi, serta kebijakan yang merupakan instrumen untuk menggerakan ISK ataupun instrumen-instrumen konversi. Maka pelaksanaan pemantauan dan evaluasi peningkatan implementasi dari tahap pertama hingga tahap ke-tiga, dalam sekitar permasalahan perguruan tinggi atau  program studi yang telah diperbaharui data di PDDIKTI yang perlu diselerasaskan, akan tetapi di PDDIKTI masih data lama yang masih dalam proses dan pemantauan.”tuturnya.

Acara dibuka oleh Rektor Untirta sekaligus menyampaikan dalam sambutan mengapresiasi atas inisiasi kepada Ketua Forum Penjamin Mutu dan pengurus BKS PTN Wilayah Barat, terimakasih disampaikan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Prov. Banten, yang telah berkesempatan hadir untuk memenuhi undangan. Pada penyampaiannya Rektor Untirta tentang Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tahun 2018 terakreditasi A, yang merupakan komitmen-komitmen lanjutan yang pada saat itu telah disampaikan kepada para Asesor BAN PT yang hadir, telah memperifikasi dan Untirta tingkatkan baik dari segi kwalitas infrastruktur, kwalitas pembelajaran dan kwalitas SDM dengan skema Visi “Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang terintegrasi smart dan green, unggul berkarakter dan berdaya saing dikawasan ASEAN tahun 2030”, inilah komitmen yang telah kami janjikan pada saat di assesment untuk akreditasi institusi tahun 2018 yang lalu dengan 3 misi utama lanjutan untuk meningkatkan kwalitas dan relevansi, dan daya saing pendidikan serta lulusan yang unggul di level ASEAN, kemudian meningkatkan  kwalitas-kwantitas pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kebutuhan dan sesuai dengan  perkembangan jaman.

Kemudian Untirta akan terus meningkatkan daya dukung terkait tata kelola perguruan tinggi yang baik sebagai pengimplementasi dari konsep smart dan green yang dimandati oleh Mensesneg untuk menjadi Kampus yang sehat, dengan Value JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius dan Akuntabel) berkomitmen sebagai roll model kampus yang sehat, aman dan nyaman buat siapaun yang berada di lingkungan Untirta.”papar beliau.

Output kedepan Untirta akan terus bergerak mengembangkan jaringan internet dengan sistem siber optic termasuk platform-platform digital akan kita sediakan dan beli lisensinya, kemudian Untirta siap melakukan konfensional dan hibryde pembelajaran yang akan di lakukan sambil terus menggerakan sivitas akademika untuk sadar mengikuti perkembangan zaman jangan sampai tertinggal. Dan Untirta akan terus bekerjasama dengan indutri-industri dan stakeholder untuk implementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM-Red) dan  berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU-Red) yang telah ditargetkan, dengan meningkatkan kolaborasi baik dalam dan luar, nasional dan internasional sebagai tri dharma perguruan tinggi yang dilakukan sebagai anggaran penting sebagai evaluasi dan menyiapkan terkait persiapan akreditasi institusi (Untirta-Red) menuju Universitas yang  terakreditasi Unggul.”harap beliau. (TMA/AAP/VDF)