Sah, SMMPTN-Barat 2022 Resmi Diluncurkan

Diposting pada

Jakarta-Panitia Pusat Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) mulai meluncurkan program seleksi secara mandiri pada Sabtu (26/2/2022), di Jakarta. Program ini diikuti oleh 25 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi maupun di lingkungan Kementerian Agama. Pada kegiatan yang dilaksanakan hybrid ini juga diwarnai dengan peluncuran website smmptnbarat.id.

Penyelenggaraan SMMPTN-Barat 2022 ini didasarkan pada Surat Keputusan Ketua BKS PTN Indonesia Wilayah Barat Nomor:22-01/BKS PTN-Barat/II/2022 tanggal 7 Februari 2022 tentang Perguruan Tinggi Peserta Program SMM PTN-Barat 2022 dan Surat Keputusan Ketua BKS PTN-Barat Nomor:22 02/BKS PTNBarat/II/2022 tentang Panitia Program SMMPTN-Barat 2022.

Agar pelaksanaan SMMPTN-Barat 2022 dapat berjalan lancar, maka Panitia menyusun Pedoman Operasional Baku (POB) dengan mempertimbangkan hasil evaluasi pelaksanaan SMMPTN-Barat 2021 tahun lalu. Menurut panitia, POB ini sudah mengalami revisi lima kali yang tujuannya tidak lain untuk terus melakukan penyempurnaan pada pelayanan seleksi.

Menurut Ketua BKS PTN Wilayah Barat yang juga merupakan Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T, ia bersyukur seluruh rangkaian persiapan program SMMPTN Wilayah Barat berjalan dengan lancar.

“Dengan mengucap rasa syukur kehadirat Allah Swt., seluruh rangakian persiapan telah dinyatakan siap dengan komitmen kerja sama antara bank mitra dengan pelaksana SMMPTN pagi hari ini telah ditandatangani,” tuturnya.

“Di sini ada komitmen kuat untuk kita memberikan akses dan fasilitas bagi para generasi emas Indonesia yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi khususnya ke perguruan tinggi Wilayah Barat. Tahun ini ada 25 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Wilayah Barat,” tambahnya.

Sementara itu, sebagai mitra, Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan II, PT BNI Persero Tbk., Maya Irma Tobing juga menyampaikan terima kasih karena kerja sama antarbank mitra dengan BKS PTN Wilayah Barat telah terjalin dengan baik.

“Suatu kehormatan serta kebanggaan bagi kami untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Ke depan, kami akan terus meningkatakan layanan tambahan e-channel lainnya agar memudahkan para calon mahasiswa yang akan mendaftar jalur SMMPTN di seluruh tanah air, khususnya di Wilayah Barat. Semoga dapat terlakasana dengan baik dan lancar. Kami siap berkolaborasi, bersinergi dan berkomitmen menjadi mitra strategis demi memajukan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Berikut merupakan beberapa jadwal penting yang harus diingat oleh calon mahasiswa pendaftar SMMPTN Wilayah Barat seperti yang ada dalam POB yakni pendaftaran dimulai 1 April sampai dengan 27 Juni 2022, dan ditutup pada 16.00 WIB. Terkait pembayaran khususnya yang telah mendapatkan id bayar sampai dengan 28 Juni 2022. Untuk pelaksanaan UTBK SMMPTN dilaksanakan pada 30 Juni-14 Juli 2022 atau selama 15 hari dan setelah itu akan dilakukan pemeringkatan pada 15-17 Juli 2022 dan pengumuman akhir SMMPTN akan diumumkan pada 18 Juli 2022 pukul 16.00 WIB.

Adapun kepesertaan SMMPTN-Barat 2022 di antaranya adalah Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (Itera), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudra (Unsam), Universitas Riau (Unri), Universitas Siliwangi (Unsil), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Tanjungpura (UNTAN), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN Batusangkar), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).(HI/AAP/VDF/RJ).