Webinar Mentoring dan Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) KADIN Indonesia dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Diposting pada

SERANG – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bersama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) selenggarakan Webinar Mentoring dalam Tutorial UMKM Naik Kelas, Via Zoom Meeting (daring) ber e-sertifikat bertema SME Business Plan (Perencanaan Usaha UMKM) sekaligus melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara KADIN Indonesia dengan Untirta dalam acara dengan tujuan Bersinergi dan Kerjasama dalam Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM-Red), yang diselenggarakan pada hari Rabu(23/02/2022). Kegiatan dihadiri oleh  Eddy Ganefo – Ketua Umum KADIN Indonesia sekaligus sebagai Ketua Tim Formatur, Rektor Untirta – Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST. MT, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd. Hadir pula sebagai narasumber Prof. Dr. Meutia, S.E., MP (Guru Besar Untirta dalam bidang ilmu Manajemen dan Ketua PUI – Inovasi Pangan Lokal Untirta), Raden Tedy, S.Si., MM (Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang UMKM dan Koperasi), Koordinator Kelompok JF Bidang Kerjasama dan Humas Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M, Sub Koordinator Kelompok JF  Kerja Sama Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt, dan diikuti oleh kurang lebih 230 peserta dari berbagai komunitas dan  pelaku UMKM yang tersebar diseluruh penjuru nusantara.

Eddy Ganefo menyampaikan sambutannya akan terus siap memberikan dukungan dan menyambut baik program merdeka belajar kampus merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbud. KADIN Indonesia  siap bersinergi dengan perguruan tinggi khususnya (Untirta-Red) yang merupakan perguruan tinggi terbesar di Banten, dan sangat yakin melalui kesepahaman dalam kerjasama kedepannya UMKM di Indonesia mampu berkembang dan berjalan baik” tuturnya.

Selanjutnya Eddy Ganefo menjelaskan salah satu upaya-nya untuk melaksanakan  program SME Business Plan dalam workshop mentoring bisa memotivasi dalam usaha meningkatkan SDM dan  Kewirausahaan pada Bisnis UMKM di Indonesia bisa maju berkembang lebih baik lagi.”harapannya.

Kemudian dalam sambutannya Fatah Sulaiman, menyampaikan atas nama institusi kami mengucapkan terimakasih,  mengapresiasi atas inisiatif bersama yaitu MoU Untirta dengan KADIN Indonesia yang telah menginisiasi Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU), dalam merespon kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terkait program merdeka belajar kampus merdeka, dengan mempunyai komitmen yang kuat dalam mewujudkan sdm-sdm di Indonesia yang mempunyai kompetensi dalam mengembangkan ekonomi dan siap berdaya saing secara terbuka ditingkat dunia.”tutur beliau.

Menurut Fatah Sulaiman, bersama KADIN Indonesia untuk turut bersama-sama membangun perekonomian di Indonesia, Untirta siap menjadi kepanjangan tangan dari  KADIN Indonesia khususnya di Provinsi Banten. Dan sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan bersama-sama seluruh para akademisi Untirta untuk memuwujudkan apa saja yang telah disepakati bersama-sama.“tuturnya.

Prof. Dr. Meutia, S.E., MP, sangat Optimisme kedepan tutorial UMKM naik kelas, dengan adanya kolaborasi dan sinergi Untirta dan KADIN Indonesia, yang nantinya para pelaku UMKM bisa menjadi entrepreneur handal, bisa berdiri tegak yang bisa menjadi support dan motivasi positif (contoh-red) bagi mahasiswa.’’papar beliau (TMA/AAP/VDF/RP)