Implementasi MBKM, Rektor Sambut 79 Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Diposting pada

Serang, (22/11/2021) – Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyambut hangat kedatangan 79 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ditanah air yang akan menjalani pembelajaran di Untirta melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.  Sambutan ini dilakukan di Gedung rektorat Untirta pada Senin (22/11). Adapun sebanyak 79 mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Negeri Makasar sebanyak 57 mahasiswa, Universitas Negeri Gorontalo 6 mahasiswa, Universitas Patimura 4 mahasiswa, Universitas Muhamdiyah Makasar 4 mahasiswa, Univ.Cokroaminoto palopo 2 mahasiswa, Univ. Nusa cendana 1 mahasiswa, Univ.Pendidikan ganesha 1 mahasiswa, Univ.Bosowa 1 org mahasiswa, Univ.hasanudin 1 mahasiswa, Univ.Borneo Tarakan 1 mahasiswa, dan Univ.Muhamadiyah Sidenreng Rappang 1 mahasiswa

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. fatah Sulaiman, MT dalam sambutannya mengungkapkan para mahasiswa Inbound yang mengikuti PMM di Untirta telah dianggap sebagai bagian dari keluarga besar civitas akademika Untirta. “Secara history banyak kaitan Sultan Ageng Tirtayasa dengan beberapa tokoh yang berasal dari daerah seperti syeikh Yusuf Al Makasari”ucapnya. Prof. Fatah juga menjelaskan bahwa tujuan dari program PMM adalah untuk menambah pengalaman dan saling mengenal budaya sehingga nantinya para mahasiswa program PMM memiliki karakter yang baik. Selain itu tumbuhnya semangat nasionalisme dan cinta tanah air diharapkan muncul dari mahasiswa setelah mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka di Untirta.

PIC Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Dr. Yudi Juniardi, M.Si dalam laporannya mengatakan meskipun dalam proses keberangkatan para mahasiswa menemukan kendala akan tetapi program PMM ini tetap bisa terlaksana. Dr. Yudi juga mengungkapkan terdapat 14 perguruan tinggi yang mengikuti PMM di Untirta dengan total jumlah mahasiswa sebanyak 123 dan 79 mahasiswa diantaranya mengikuti secara luring sedangkan sisanya mengikuti secara daring. Dr. Yudi menambahkan dalam kegiatan PMM ini juga memiliki modul nusantara dimana didalamnya  terdapat 25 aktivitas yang akan dilaksanakan bersama dosen modul nusantara diantaranya adalah kegiatan sosial, diskusi bersama orang inspiratif, pengenalan budaya dan kegiatan lainnya.

Wakil Rektor bidang Akademik dan hilirisasi riset, Dr. Agus Sjafari, M.Si menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa inbound  seraya berharap kedatangan para mahasiswa di Untirta menjadi pengalaman yang berharga dan menyenangkan.  Ia menambahkan persiapan implementasi PMM ini memakan waktu yang lama dimulai bulan juli dan dengan berbagai kendala. Di sisi lain Untirta pun telah memberangkatkan 75 orang mahasiswanya dalam PMM ini. Dr. Agus menegaskan perkuliahan PMM akan dimulai esok harinya dengan jadwal yang telah terdistribusi di masing masing fakultas yang dituju.