2022, Untirta Miliki Embung

Diposting pada

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan pembahasan mengenai Perencanaan dan Penataan Kawasan Embung Kampus Untirta Sindangsari Tahun 2021 dan penyerahan Dokumen DED Embung Kampus Sindangsari kepada BBWS C3 Provinsi Banten bertempat di Ruang Rapat Gedung Rektorat Kampus Untirta Sindangsari Pada 18 November 2021.
Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT menyampaikan, “Amanat Presiden ketika peresmian kampus Untirta langsung di respon oleh Menteri PUPR dan tim cipta karya, mulai dari pengukuran lapangan, pengukuran teknis dan sebagainya semua terlibat dalam impementasi pembuatan embung Untirta”, ujarnya. Ini menunjukan komitmen yang kuat dari pemerintah untuk bisa mewujudkan fasilitas infrastruktur yang dapat digunakan oleh masyarakat. Karena di jadikan pelopor kampus sehat serta role model kampus yang terintergrasi smart and green. Karena itu kita kedatangan tamu dari berbagai wilayah yang ingin belajar, nanti kita juga ada sindangheula yang menjadi target objek wisata, dari mulai sport center Singdang sari, Untirta Sindangsari dan Bendungan Sindangheula itu bisa di optimalkan dari berbagai aspek, bukan hanya untuk layanan primer namun juga menjadi aspek destinasi wisata, faktor ekonomi dan sebagainya. “Diharapkan Embung sebagai tata kelola utama air, tapi juga bisa dimanfaatkan menjadi aset negara dan bisa di akses oleh BUMN dan masyarakat. Sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya ke jenjang pendidikan tinggi di Untirta”, harapnya.
Embung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air. Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, berfungsi mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan pasokan air untuk keperluan tanaman ataupun ternak dimusim kemarau dan mencegah banjir di musim penghujan.
Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor 2 H. Kurnia Nugraha, ST., MT., Kepala BBWS C3 Provinsi Banten I Katut Jayada, Kabid KPISDA Syauqiyatul Afnani Rangkuti, UPT SGC Heri Haryanto, tim teknis BBWS C3 dan Koordinator Aset dan BMN Untirta Ito Sumitro.