Untirta mengadakan workshop Literasi Digital Pemanfaatan Ejournal dan Ebook

Diposting pada

Serang, 15 November 2021 – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan workshop Literasi Digital Pemanfaatan Ejournal dan Ebook. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting yang di mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Acara berlangsung dari tanggal 15 – 17 November 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 200 orang.

Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT. Rektor juga sangat mengapresiasi dengan adanya acara sosialisasi ini dan berharap pemanfaatan Ejournal dan Ebook dapat di manfaatkan secara maksimal oleh civitas akademika Untirta.

Kepala UPT Perpustakaan Udin Hermawan Sutanto, SH., MH menyampaikan, bahwa literasi digital menjadi istilah yang begitu populer dalam masyarakat dalam akhir-akhir ini.  “Konsep ini erat dengan kebutuhan media digital sebagai aktivitas pemenuhan informasi membaca, menulis, berhitung dan ilmu lainya”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa public menerima berbagai informasi, memahami pesan dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam berbagai bentuk, oleh karena itu pembinaan dan sosialisasi  terhadap norma dan aturan tersebut perlu digencarkan agar dalam memanfaatkan teknologi masyarakat tidak menyalahi norma dan aturan yang berlaku.  Namun demikian informasi dan komunikasi tidak selamanya membawa dampak positif, “ada juga dampak negatif lainya dan kemajuan teknologi informasi  terlebih jika disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab”, imbuhnya. Ia menegaskan bahwa pola pikir dan pandangan kritis dalam menyikapi isu yang berkembang dan tidak mudah terprovokasi itulah yang harus dimiliki oleh masyarakat. Dengan demikian kehidupan sosial dan budaya masyarakat akan cenderung aman dan kondusif menjadi literasi digital berarti memahami kapan dan bagaimana teknologi harus digunakan agar efektif untuk mencapai tujuan positif. Literasi digital adalah pengetahuan dan kecerdasan untuk menggunakan media digital alat-alat komunikasi dan jaringan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan SDM di Untirta, agar dapat mendorong keterampilan para peneliti, dosen muda, dan mahasiswa dalam menggunakan fitur fitur yang ada dalam aplikasi. (Humas – Qoshmal Magang)