Perkuat Program MBKM , Untirta Kerjasama  Antar Perguruan Tinggi dengan USK dan ISBI Aceh.

Diposting pada

Banda Aceh- Berada diperingkat ke 30 Capaian IKU Perguruan Tinggi dalam  Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021 , Untirta terus melakukan pembenahan dan meningkatkan raihan untuk capaian  IKU serta mendorong proses pembelajaran dan pengembangan kurikulum dengan melakukan kerjasama dengan mitra perguruan tinggi, industri dan lainnya .

Untuk meningkatkan kegiatan yang mendorong capaian tersebut Untirta sharing informasi ke Universitas  Syiah Kuala, yang  telah menempati rangking di atas Untirta. Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Untirta, Dr. Agus Syafari   didampingi para Wakil Dekan Bidang Akademik  dari 7 Fakultas, Kepala Pusdainfo dan UPP PMB  Untirta diterima langsung oleh Wakil Rektor bidang akademik didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama USK, Ketua LP3M, Ketua LPPM dan Kepala Pusat Data dan IT USK di ruang Rapat Rektorat USK lantai 2, Kamis 21 Oktober 2021. 

Dikatakan Agus pihaknya berkeinginan sharing ilmu dan diskusi  pengelolaan MBKM yang diterapkan oleh USK dan melakukan perjanjian kerja sama antar fakultas dan prodi di FISIP dan FAPERTA menandatangani  Memorandum of Agreement (MoA)   dengan 2 fakultas  terkait di atas menyusul fakultas lainnya untuk kerjasama setelah pertemuan ini. Saat ini  hampir semua kegiatan di Untirta  dialamatkan pada kegiatan Program MBKM menjadi program nasional.  Salah satu penilaian indikator Kinerja Uama  adalah kegiatan  dengan pengelolaan dan pengembangan IT dalam penerimaan mahasiswa baru. USK telah melakukan penerimaan mahasiswa baru ujian tulis berbasis komputer .

Kedatangan punggawa akademik Untirta disambut dengan tangan terbuka  Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir . Marwan mengatakan bahwa  pihaknya menyambut baik untuk sinergitas meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dijelaskannya proses aktivitas proses pembelajaran di kampus USK berjalan dengan baik. . Sharing pengalaman tentang perkuliahan  hybrid, pada awalnya perkuliahan dilakukan dengan daring, kemudian mulai mencoba luring namun dua bulan kemudian muncul tingkatan kasus lonjakan covid-19.  Sehingga perkuliahan kembali daring. Sekarang ini sebagian perkuliahan sudah dilakukan secara luring, sudah dilonggarkan sesuai dengan protokol kesehatan . Selain itu USK juga memberikan strateginya dalam penerapan MBKM yang sudah 2 tahun ini dilaksanakan dipaparkan langsung oleh Ketua LP3M USK.  Pada kesempatan tersebut Humas USK mengajak Tim Untirta untuk berkeliling kampus USK dan memperkenalkan produk anak bangsa dari sumber daya alam Aceh miliki yang dikelola  dan diteliti sebagai pusat unggulan iptek perguruan tinggi (PUI-PT) Nilam Aceh Universitas Syah Kuala. 

Selain kerjasama dengan USK pada hari berikutnya, Jum,at 22 Oktober 2021  Untirta melakukan inisiasi kerjasama dengan Institut Seni Budaya Aceh (ISBI) untuk program studi Seni Pertunjukan FKIP Untirta, Ilmu Komunikasi FISIP Untirta dengan jurusan komunikasi Visual ISBI Aceh. Ajakan kerjasama Untirta disambut hangat oleh Rektor ISBI, Dr. Ir. Mirza Irwansyah  . Mirza berharap kerjasama ini segera dilakukan secara desk to desk jika memungkinkan tambah prodi terkait yang selaras dengan kurikulum yang ada di ISBI dan Untirta untuk kembali melakukan kerjasama agar perguruan tinggi bisa berkolaborasi untuk saling memperkuat MBKM dan capaian IKU. Turut hadir mendampingi Rektor ISBI, Wakil Rektor Akademik , dan Wakil Rektor Non Akademik ISBI Aceh. (vero)